Raja Charles III Ternyata Pelajari Al-Qur'an, Apa Pandangannya tentang Islam?

Senin, 12 September 2022 - 11:46 WIB
loading...
Raja Charles III Ternyata Pelajari Al-Quran, Apa Pandangannya tentang Islam?
Raja Charles III (tengah), penguasa baru monarki Inggris, ternyata mempelajari Al-Quran. Dia juga terbuka soal pandangannya tentang Islam dan dunia Muslim. Foto/REUTERS
A A A
LONDON - Selama hidupnya, raja baru Kerajaan Inggris Charles III dalam beberapa kesempatan penting mengungkapkan pandangannya tentang Islam dan dunia Muslim.

Charles Philip Arthur George (73) resmi menjadi penguasa baru monarki Inggris dengan gelar Raja Charles III pada Sabtu pekan lalu. Dia menggantikan ibunya, Ratu Elizabeth II, yang meninggal dunia pada Kamis pekan lalu.

Raja baru ini memiliki masa lalu kelam, yakni hancurnya penikahannya dengan mendiang Lady Diana Spencer atau Putri Diana.

Namun, Charles tetap menarik perhatian publik karena pandangannya tentang sejumlah masalah budaya dan sosial termasuk perubahan iklim, politik, dan agama.



Tentang Islam, Charles dalam beberapa kesempatan mengungkapkan pemikirannya dan secara terbuka berbicara tentang kekagumannya terhadap agama Islam.

Penulis Robert Jobson dalam bukunya "Charles At Seventy: Thoughts, Hopes and Dreams" mencatat bahwa raja baru itu mempelajari kitab suci Al-Qur'an dan menandatangani surat untuk para pemimpin Muslim dalam bahasa Arab.

Berikut adalah beberapa pemikirannya tentang Islam dan Muslim yang berkaitan dengan isu-isu dunia, seperti dikutip dari Al Jazeera, Senin (12/9/2022):

1. Lingkungan

Charles telah menjadi advokat yang blakblakan tentang masalah lingkungan selama beberapa dekade, mendesak para pemimpin dunia untuk mencari solusi segera dan jangka panjang untuk perubahan iklim.

Dalam pidatonya di Oxford Center for Islamic Studies pada tahun 2010, Charles mengatakan berdasarkan pengetahuannya tentang Islam dan Al-Qur'an, "ada batas untuk kelimpahan Alam".

“Ini bukan batasan yang sewenang-wenang, itu adalah batasan yang ditetapkan oleh Tuhan dan, dengan demikian, jika pemahaman saya tentang Al-Qur’an benar, umat Islam diperintahkan untuk tidak melanggarnya,” kata Charles, yang seorang anggota Gereja Inggris.

Selain itu, dalam pidato yang sama, dia menambahkan: “Kita berbagi planet ini dengan ciptaan lainnya untuk alasan yang sangat bagus—dan artinya, kita tidak dapat hidup sendiri tanpa jaringan kehidupan yang seimbang dan rumit di sekitar kita. Islam selalu mengajarkan ini dan mengabaikan pelajaran tersebut berarti melanggar kontrak kita dengan Penciptaan.”

2. Kartun Menghina Nabi Muhammad

Selama kunjungan tahun 2006 ke Universitas Al-Azhar di Kairo, Mesir, Charles mengkritik publikasi kartun Denmark tahun 2005 yang mengejek Nabi Muhammad. Dia menyerukan semua orang untuk menghormati keyakinan orang lain.

“Tanda sebenarnya dari masyarakat beradab adalah rasa hormat yang diberikan kepada minoritas dan orang asing...Perselisihan dan kemarahan yang mengerikan baru-baru ini atas kartun Denmark menunjukkan bahaya yang datang dari kegagalan kita untuk mendengarkan dan menghormati apa yang berharga dan suci bagi orang lain, ” ujarnya dalam sambutannya.

Kartun-kartun tersebut menyebabkan perdebatan tentang kebencian anti-Muslim dan batasan kebebasan berbicara di barat.

3. Ramadhan

Pada awal bulan suci Ramadhan di bulan April, Charles mengatakan bahwa setiap orang dapat belajar “dari semangat Ramadhan”.

“Tidak hanya kedermawanan, tetapi juga pantangan, rasa syukur dan kebersamaan dalam doa yang akan memberikan penghiburan besar bagi banyak orang di seluruh dunia,” katanya dalam sebuah pernyataan.

“Kemurahan hati dan keramahan umat Islam yang baik hati tidak berhenti mengejutkan saya dan saya yakin bahwa saat kita memasuki masa yang lebih tidak pasti...komunitas Muslim akan kembali menjadi sumber amal yang sangat besar di bulan Ramadhan ini," paparnya.

4. Islam dan Barat

Charles telah lama menganjurkan untuk membawa dunia Muslim dan Barat lebih dekat, menambahkan ada banyak "kesalahpahaman" tentang Islam di Barat.

“Jika ada banyak kesalahpahaman di Barat tentang sifat Islam, ada juga banyak ketidaktahuan tentang utang budaya dan peradaban kita sendiri kepada dunia Islam. Ini adalah kegagalan yang, menurut saya, berasal dari garis lurus sejarah yang telah kita warisi,” katanya pada tahun 1993 dalam pidato yang banyak dikutip di Oxford Center for Islamic Studies.

Charles memperingatkan bahwa ekstremisme tidak boleh dilihat sebagai "ciri khas" Islam, dan mengatakan: "Itu tidak lebih dari monopoli Islam daripada monopoli agama-agama lain, termasuk Kristen."
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1340 seconds (0.1#10.140)