New York Umumkan Keadaan Darurat Polio

Minggu, 11 September 2022 - 07:56 WIB
loading...
New York Umumkan Keadaan Darurat Polio
New York umumkan keadaan darurat setelah virus polio ditemukan di air limbah. Foto/Ilustrasi
A A A
NEW YORK - Gubernur New York, Amerika Serikat (AS) menyatakan keadaan darurat polio ketika muncul bukti bahwa virus itu menyebar ke seluruh negara bagian.

Pejabat kesehatan mengatakan sampel air limbah di kota New York dan empat distrik yang berdekatan telah diuji positif virus polio yang dapat menyebabkan kelumpuhan.

Meskipun sejauh ini hanya satu kasus yang dikonfirmasi, itu adalah yang pertama di negara itu dalam hampir satu dekade.

Polio sebagian besar telah diberantas dari AS dengan vaksinasi yang dimulai pada tahun 1955. Pada 1979, AS pun dinyatakan bebas polio.

Namun menurut pejabat New York, tingkat vaksinasi terlalu rendah di beberapa bagian negara bagian. Deklarasi darurat hari Jumat itu bertujuan untuk meningkatkan tingkat imunisasi yang lesu.

Baca: Warga New York Bisa Bernapas Lega, Aturan Wajib Masker Dicabut

Hingga kini tidak ada obat untuk penyakit polio, namun dapat dicegah dengan vaksin. Sebagian besar menyerang anak-anak, virus biasanya menyebabkan kelemahan otot dan kelumpuhan, serta dalam kasus yang paling serius menyebabkan kecacatan permanen dan kematian.

Departemen Kesehatan negara bagian New York mengatakan pihaknya bertujuan untuk meningkatkan tingkat vaksinasi dari rata-rata di seluruh negara bagian saat ini sekitar 79% menjadi di atas 90%.

"Pada polio, kami tidak bisa melempar dadu," kata Komisaris Kesehatan Dr Mary Bassett dalam sebuah pernyataan.

"Jika Anda atau anak Anda tidak divaksinasi atau tidak up-to-date dengan vaksinasi, risiko penyakit lumpuh adalah nyata," imbuhnya seperti dikutip dari BBC, Minggu (11/9/2022).
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1217 seconds (10.101#12.26)