Zelensky Sebut Produsen Drone Turki Akan Bangun Pabrik di Ukraina

Minggu, 11 September 2022 - 02:43 WIB
loading...
Zelensky Sebut Produsen Drone Turki Akan Bangun Pabrik di Ukraina
Zelensky Sebut Produsen Drone Turki Akan Bangun Pabrik di Ukraina. FOTO/Reuters
A A A
KIEV - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pada Jumat (9/9/2022) bertemu dengan kepala perusahaan pertahanan Turki , Baykar dan mengatakan perusahaan itu akan mendirikan pabrik di Ukraina untuk membuat kendaraan udara tak berawak.

Zelenskiy bertemu dengan Haluk Bayraktar, CEO Baykar. Drone produksi perusahaan tersebut, Bayraktar TB2-nya telah digunakan untuk menghancurkan sistem artileri dan kendaraan lapis baja Rusia sejak pasukan Moskow memulai invasi skala penuh pada Februari.



Menurut layanan pers kantor Presiden Ukraina, fokus pertemuan itu adalah kerjasama lebih lanjut Ukraina dengan perusahaan untuk memperkuat kemampuan pertahanan Angkatan Darat Ukraina.

"Kami membahas rincian pembangunan pabrik Baykar di Ukraina dan produksi barang baru menggunakan komponen Ukraina," kata Zelenskiy dalam sebuah posting online setelah bertemu dengan Kepala Eksekutif Baykar Haluk Bayraktar di Kiev, seperti dikutip dari Reuters.

"Semua orang di Ukraina tahu apa itu Bayraktar, tahu perusahaan Anda," kata Zelensky, menurut layanan persnya. "Terima kasih, kepada Presiden (Recep Tayyip) Erdogan atas dukungan Anda dan dukungan warga Turki dalam perang melawan agresi Rusia ini," tambahnya.



Sebuah video yang diposting online menunjukkan Zelenskiy memberi Bayraktar Order of Merit Ukraina. Sebagai imbalannya, Zelensky menerima kemeja bordir tradisional Ukraina yang menampilkan drone.

Sebelumnya, Rusia telah mengeluh kepada Turki atas penjualan drone ke Ukraina. Drone Bayraktar telah beroperasi dengan Angkatan Darat Ukraina sejak 2021. Setelah dimulainya invasi skala penuh Rusia, militer Ukraina menggunakannya untuk menghancurkan peralatan Rusia.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1072 seconds (0.1#10.140)