Pentagon Ungkap Rencana untuk Teknologi Hipersonik, Gandeng Swasta

Senin, 05 September 2022 - 21:01 WIB
loading...
Pentagon Ungkap Rencana untuk Teknologi Hipersonik, Gandeng Swasta
Senjata Respon Cepat Peluncuran Udara AGM-183A. Foto/nationaldefensemagazine.org
A A A
WASHINGTON - Departemen Pertahanan Amerika Serikat (AS) meminta perusahaan swasta mengajukan proposal untuk pesawat uji kecepatan tinggi untuk militer.

Menurut Pentagon, perusahaan harus menyerahkan proposal mereka ke Unit Inovasi Pertahanan AS (DIU), yang mendorong adopsi teknologi komersial di militer, paling lambat 16 September.

Pentagon berusaha mengurangi tekanan pada infrastruktur pengujiannya melalui program yang disebut Kemampuan Pengujian Lintas Udara Hypersonic and High-Cadence.



Sebelumnya, Barry Kirkendall, direktur teknis DIU untuk ruang angkasa, mengatakan kepada portal berita C4ISRNET bahwa proyek tersebut bertujuan menghapus beberapa kebuntuan yang telah memperlambat pengembangan program hipersonik dalam beberapa tahun terakhir.

Setiap pesawat harus memenuhi sejumlah kriteria, termasuk mencapai kecepatan Mach 5+, memiliki profil penerbangan yang dapat bermanuver atau non-balistik, dapat mengumpulkan data mendekati waktu nyata, dan mengakomodasi setidaknya dua muatan dengan setidaknya dua opsi penempatan.



Langkah DIU untuk meminta dukungan sektor swasta terjadi di tengah kekhawatiran bahwa AS mungkin tertinggal dari Rusia dan China dalam pengembangan teknologi hipersonik.

Namun, pada pertengahan Agustus, Wakil Menteri Pertahanan AS Kathleen Hicks mengklaim bahwa hal itu tidak terjadi.

Negara-negara di seluruh dunia telah berfokus pada pengembangan hipersonik, mengingat senjata semacam itu dapat melewati pertahanan udara modern dengan menggunakan kendaraan luncur yang dapat bermanuver yang membuat jalur penerbangan mereka hampir tidak dapat diprediksi.

Namun, pada akhir Juni, Pentagon mengalami masalah ketika uji coba senjata hipersonik AS gagal karena "anomali" yang mencegah uji coba penuh sistem tersebut.

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1697 seconds (0.1#10.140)