Seluruh Eropa Bersiap Kedinginan Parah karena Pembalasan Putin

Senin, 05 September 2022 - 08:46 WIB
loading...
Seluruh Eropa Bersiap Kedinginan Parah karena Pembalasan Putin
Orang-orang Eropa memprotes kebijakan gas Rusia dalam demonstrasi di Sofia. Seluruh Eropa bersiap kedinginan parah setelah Rusia membatasi ekspor gas dan minyak ke benua itu. Foto/REUTERS
A A A
KIEV - Presiden Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan negara-negara seluruh Eropa bersiap kedinginan parah selama musim dingin. Sebab, Rusia memangkas ekspor minyak dan gas alamnya.

Menurut Zelensky, itu sebagai pembalasan Presiden Vladimir Putin terhadap negara-negara Eropa karena memberikan dukungan untuk Ukraina dalam melawan invasi Rusia.

"Rusia sedang mempersiapkan pukulan energi yang menentukan pada semua orang Eropa untuk musim dingin ini," kata Zelensky setelah Moskow menutup pipa gas utama ke benua Eropa, seperti dikutip AP, Senin (5/9/2022).

Moskow menyalahkan masalah teknis--bersama dengan sanksi ekonomi yang dijatuhkan oleh Amerika Serikat dan sekutunya terhadap Rusia--atas gangguan pasokan energi tersebut.

Baca juga: Moskow: Kiamat Jika Barat Gunakan Perang Ukraina untuk Hancurkan Rusia!

Negara-negara Eropa yang telah mengirim amunisi ke pemerintah Kiev dan membantu melatih para tentara Ukraina menuduh Rusia menggunakan pasokan energi sebagai senjata.

Beberapa analis perang mengatakan kekurangan bahan bakar dan meningkatnya biaya hidup dapat menekankan tekad Barat dalam mendukung Ukraina.

Moskow mengatakan pihaknya berencana untuk menutup pipa Nord Stream 1, saluran gas utamanya ke Jerman. Sedangkan negara-negara demokrasi terkemuka Kelompok Tujuh (G-7) mengatakan mereka akan membatasi harga ekspor minyak Rusia untuk memangkas keuntungan Moskow yang selama ini digunakan untuk mendanai perang.

Kremlin, pada gilirannya, mengatakan tidak akan menjual minyak ke negara mana pun yang menerapkan pembatasan tersebut.

Kanselir Jerman Olaf Scholz pada hari Minggu berjanji bahwa Jerman akan berhasil melewati musim dingin."Rusia bukan lagi mitra energi yang dapat diandalkan," katanya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2263 seconds (10.55#12.26)