AS Jual Paket Senjata Rp16,3 Triliun ke Taiwan, China Marah

Sabtu, 03 September 2022 - 10:00 WIB
loading...
AS Jual Paket Senjata Rp16,3 Triliun ke Taiwan, China Marah
AS Jual Paket Senjata Rp16,3 Triliun ke Taiwan, China Marah. FOTO/DW
A A A
WASHINGTON - Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS) telah menyetujui potensi penjualan peralatan militer bernilai miliaran dolar ke Taiwan , termasuk 60 rudal anti-kapal dan 100 rudal udara-ke-udara, di tengah meningkatnya ketegangan dengan China .

Paket USD1,1 miliar (Rp16,3 triliun) diumumkan pada Jumat (2/9/2022), setelah latihan militer agresif China di sekitar Taiwan, menyusul kunjungan ke pulau itu bulan lalu oleh Ketua DPR AS Nancy Pelosi, ke Taiwan.



“Penjualan tersebut termasuk rudal Sidewinder, yang dapat digunakan untuk misi serangan udara-ke-udara dan serangan permukaan, dengan biaya sekitar USD85,6 juta, rudal anti-kapal Harpoon dengan perkiraan biaya USD355 juta dan dukungan untuk program radar pengawasan Taiwan untuk sekitar USD665,4 juta,” kata Badan Kerjasama Keamanan Pertahanan (DSCA) Pentagon.

Sementara Liu Pengyu, juru bicara Kedutaan Besar China di Washington, mengatakan dalam sebuah pernyataan kemungkinan penjualan senjata "sangat membahayakan hubungan China-AS dan perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan".

"China akan dengan tegas mengambil tindakan balasan yang sah dan diperlukan sehubungan dengan perkembangan situasi," katanya, seperti dikutip dari Reuters.



Pemerintahan Presiden Joe Biden mengatakan paket itu telah dipertimbangkan selama beberapa waktu dan dikembangkan melalui konsultasi dengan anggota parlemen Taiwan dan AS.

"Ketika China terus meningkatkan tekanan terhadap Taiwan - termasuk melalui peningkatan kehadiran militer dan maritim di sekitar Taiwan - dan terlibat dalam upaya untuk mengubah status quo di Selat Taiwan, kami memberi Taiwan apa yang dibutuhkannya untuk mempertahankan dirinya sendiri. kemampuan pertahanan," Laura Rosenberger, direktur senior Gedung Putih untuk China dan Taiwan, mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Reuters melaporkan bulan lalu bahwa pemerintahan Biden merencanakan peralatan baru untuk Taiwan, tetapi peralatan itu akan menopang sistem militer Taiwan saat ini dan memenuhi pesanan yang ada, tidak menawarkan kemampuan baru, meskipun ketegangan meningkat setelah kunjungan Pelosi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1282 seconds (0.1#10.140)