Rudal Jelajah Canggih Ini Bikin Bomber Siluman B-2 AS Momok bagi Kapal Perang China

Kamis, 01 September 2022 - 11:16 WIB
loading...
A A A
Pengerahan itu berlangsung hingga akhir Agustus, di mana B-2 mengambil bagian dalam berbagai latihan bersama dengan Pasukan Pertahanan Australia sebagai bagian dari Inisiatif Kerjasama Udara yang Ditingkatkan di bawah Perjanjian Postur Kekuatan antara AS dan Australia.

Bomber B-2 adalah salah satu dari tiga kaki triad nuklir AS. Karena fitur siluman mereka, seperti bahan penyerap radar dan mesin yang tersembunyi di dalam tubuh, pesawat ini dapat mendekati musuh tanpa diketahui dan meluncurkan rudal atau menjatuhkan bom.

Namun, desain siluman tidak membuat B-2 tak terkalahkan, karena China terus mengembangkan pertahanan udaranya, terutama dengan fokus pada teknologi kontra-siluman.

Oleh karena itu, menambahkan rudal jelajah jarak jauh seperti JASSM-ER dapat memungkinkan B-2 untuk menyerang target dari jarak di mana pertahanan udara tidak dapat mendeteksi atau mencegat bomber tersebut, membuatnya lebih mematikan.

Selain itu, JASSM-ER juga memiliki desain siluman yang berarti rudal akan sulit dicegat oleh pertahanan udara musuh.

Tahun lalu, saat menjabat sebagai komandan Komando Serangan Global USAF, Jenderal Timothy Ray mengatakan kepada Senat AS bahwa rudal AGM-158B sangat penting untuk memastikan bahwa bomber nuklir dapat berperang.

Namun, Fu mengatakan kepada SCMP bahwa rudal AGM-158B bersifat subsonik—berjalan lebih lambat dari suara dan, oleh karena itu, lebih mudah dicegat oleh China. Komentator yang berbasis di Beijing itu juga mengatakan bahwa AS hanya akan mengerahkan B-2 jika terjadi konfrontasi dengan China.

Abhijit Iyer Mitra, seorang senior fellow di Institut Studi Perdamaian dan Konflik mengatakan kepada EurAsian Times bahwa sebagai rudal siluman, JASSM-ER—meskipun relatif lebih lambat—akan tetap tersembunyi dari radar musuh di sepanjang jalur penerbangannya.

Dia lebih lanjut mengatakan bahwa bahkan ketika rudal muncul di atas radar, karena ukurannya yang kecil, itu akan tetap menjadi target kecil, meninggalkan waktu reaksi yang sangat sedikit karena radar tidak akan dapat mendeteksinya sampai rudal hanya berjarak 2-3 kilometer dari targetnya.

Jadi, tantangan utama pertahanan udara musuh adalah mendeteksi rudal, tanpa mencegatnya adalah mustahil.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1854 seconds (0.1#10.140)