PBB: Tuduhan China Siksa Muslim Uighur Kredibel!

Kamis, 01 September 2022 - 07:01 WIB
loading...
PBB: Tuduhan China Siksa Muslim Uighur Kredibel!
Kamp tempat minoritas muslim Uighur ditahan oleh aparat keamanan di Xinjiang, China. PBB dalam laporannya menyebutkan tuduhan China menyiksa minoritas muslim Uighur di Xinjiang kredibel. Foto/REUTERS
A A A
JENEWA - Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) merilis laporan yang menyebutkan bahwa tuduhan penyiksaan terhadap minoritas muslim Uighur dan etnik lainnya di Xinjiang, China , kredibel atau dapat dipercaya.

Laporan tentang pelanggaran hak asasi manusia (HAM) yang serius di wilayah Xinjiang itu dirilis Rabu malam.

Laporan itu, yang dibuat selama sekitar satu tahun, dirilis di Jenewa pada pukul 23.47 malam pada Rabu—hanya 13 menit sebelum masa jabatan empat tahun Michelle Bachelet sebagai Komisaris Tinggi PBB untuk HAM berakhir.



Mantan presiden Chile itu bertekad untuk memastikan laporan itu terungkap—meskipun ada tekanan kuat dari Beijing yang marah.

"Saya mengatakan bahwa saya akan menerbitkannya sebelum mandat saya berakhir dan saya sudah melakukannya," kata Bachelet dalam email yang dikirim ke AFP, Kamis (1/9/2022).

"Masalahnya serius—dan saya mengangkatnya dengan otoritas nasional dan regional tingkat tinggi di negara ini."

China telah dituduh selama bertahun-tahun menahan lebih dari satu juta warga minoritas muslim Uighur dan etnik lainnya di wilayah Xinjiang.

Para aktivis HAM menuduh China melakukan serangkaian pelanggaran, sementara Beijing dengan keras menolak klaim tersebut, bersikeras bahwa mereka menjalankan pusat pelatihan kejuruan di Xinjiang yang dirancang untuk melawan ekstremisme.

Bachelet akhirnya memutuskan bahwa penilaian penuh diperlukan terhadap situasi di dalam Daerah Otonomi Uighur Xinjiang (XUAR).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1545 seconds (0.1#10.140)