Zelensky: Ukraina Serang Posisi Rusia di Seluruh Front

Rabu, 31 Agustus 2022 - 16:50 WIB
loading...
A A A
Rusia secara metodis melanjutkan rencananya di Ukraina, ungkap juru bicara Kremlin Dmitry Peskov pada hari Selasa. “Semua target kita akan tercapai,” katanya. Reuters dalam laporannya menulis tidak dapat memverifikasi laporan medan perang, karena sangat berbahaya.

Pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia di selatan Ukraina, yang direbut oleh pasukan Rusia pada Maret tetapi diawaki oleh staf Ukraina, telah menjadi titik panas dalam konflik dengan kedua belah pihak saling menyalahkan atas penembakan di sekitarnya.



“Situasi di pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia dan di Enerhodar dan sekitarnya tetap sangat berbahaya,” kata Zelensky. "Risiko bencana radiasi karena tindakan Rusia tidak berkurang selama satu jam," lanjutnya.

Kementerian pertahanan Rusia, bagaimanapun, mengatakan tingkat radiasi normal di pabrik, yang terbesar di Eropa. Sebuah misi dari Badan Energi Atom Internasional (IAEA), yang dipimpin oleh ketuanya, Rafael Grossi, diperkirakan akan mengunjungi pabrik itu minggu ini untuk menilai kerusakan apa pun.

Seorang saksi mata Reuters mengatakan, tim IAEA berangkat dari Kiev pada Rabu pagi menuju pabrik. Grossi bertemu Zelensky pada hari Selasa, kata kantor presiden, tanpa menjelaskan lebih lanjut.



Yevgeny Balitsky, kepala administrasi yang dipasang Rusia, mengatakan kepada Interfax bahwa inspektur IAEA “harus melihat pekerjaan stasiun dalam satu hari”.

Ukraina pada hari Selasa menuduh Rusia sengaja menembaki koridor yang perlu digunakan pejabat IAEA untuk mencapai pabrik dalam upaya untuk membuat mereka melakukan perjalanan melalui Krimea yang dicaplok Rusia. Tidak ada tanggapan langsung dari Moskow.
(esn)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1387 seconds (0.1#10.140)