Zelensky: Ukraina Serang Posisi Rusia di Seluruh Front

Rabu, 31 Agustus 2022 - 16:50 WIB
loading...
Zelensky: Ukraina Serang Posisi Rusia di Seluruh Front
Zelensky: Ukraina Serang Posisi Rusia di Seluruh Front. FOTO/Reuters
A A A
KIEV - Ukraina , yang sekarang dipersenjatai dengan senjata canggih yang dipasok Barat, melakukan serangan baru minggu ini untuk merebut kembali wilayah di selatan. Sementara Rusia dilaporkan menghentikan pasokan gas melalui pipa utama ke Jerman dengan alasan perlunya pemeliharaan.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, mengatakan, pasukan Ukraina melakukan serangan di seluruh timur dan selatan. Zelensky mendesak tentara Rusia untuk melarikan diri.



“Keterlibatan militer aktif sekarang terjadi di seluruh garis depan: di selatan, di wilayah Kharkiv, di Donbas,” kata Zelensky dalam pidato malamnya pada hari Selasa (30/8/2022).

Rusia merebut sebagian besar wilayah selatan Ukraina dekat pantai Laut Hitam pada minggu-minggu awal perang enam bulan, termasuk di wilayah Kherson, yang terletak di utara Semenanjung Krimea yang dicaplok Rusia.

Ukraina menilai merebut kembali wilayah itu sebagai hal yang penting untuk mencegah upaya Rusia merebut lebih banyak wilayah lebih jauh ke barat yang pada akhirnya dapat memutus aksesnya ke Laut Hitam.

Inggris, sekutu Ukraina, mengatakan pada Selasa bahwa pasukan Ukraina telah meningkatkan serangan artileri melintasi front selatan, tetapi tidak mungkin untuk mengkonfirmasi sejauh mana kemajuan teritorialnya.



Laporan, gambar, dan rekaman yang belum diverifikasi di media sosial menunjukkan pasukan Ukraina mungkin telah merebut kembali beberapa desa dan menghancurkan beberapa target Rusia di selatan.

Kementerian pertahanan Rusia, bagaimanapun, mengatakan pasukannya telah mengarahkan pasukan Ukraina, menambahkan bahwa unit pertahanan udara telah menembak jatuh puluhan rudal di dekat Kherson.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1138 seconds (0.1#10.140)