Ungkap Borok Invasi ke Ukraina, Tentara Rusia Cari Suaka ke Prancis

Selasa, 30 Agustus 2022 - 21:11 WIB
loading...
Ungkap Borok Invasi ke Ukraina, Tentara Rusia Cari Suaka ke Prancis
Ungkap borok invasi ke Ukraina, anggota pasukan terjun payung Rusia Pavel Filatiev cari suaka ke Prancis. Foto/France24
A A A
PARIS - Tiba-tiba terkenal karena menjadi orang pertama yang memberikan pengakuan pedas tentang perang di Ukraina yang diterbitkan secara online, anggota pasukan terjun payung Rusia Pavel Filatiev tiba di Prancis pada hari Minggu.

Filatiev datang ke Prancis untuk mencari suaka politik setelah keluar dari negaranya karena takut akan mendapatan balasan atas tindakannya.

"Ketika saya mendengar petinggi meminta saya untuk dijatuhi hukuman 15 tahun penjara karena berita palsu, saya menyadari bahwa saya tidak akan berhasil di sini dan pengacara saya tidak dapat melakukan apa pun untuk saya di Rusia," kata Filatiev kepada AFP di ruang tunggu pencari suaka di bandara Paris Charles de Gaulle.

Setelah beberapa waktu keluar dari tentara, pria berusia 34 tahun tahun itu bergabung kembali dengan resimen udara ke-56 Rusia - unit lama ayahnya - yang berbasis di Crimea.

Pasukan terjun payung dikirim ke Ukraina selatan ketika Presiden Vladimir Putin memulai "operasi militer khusus" terhadap Kiev pada 24 Februari.

Filatiev sendiri menghabiskan dua bulan di sekitar kota-kota utama Kherson dan Mykolaiv sebelum ditarik dari garis depan karena infeksi mata.

"Kami tidak memiliki hak moral untuk menyerang negara lain, terutama negara yang paling dekat dengan kami," tulisnya dalam selebaran 141 halaman berjudul "ZOV" yang dia posting di jejaring sosial VKontakte pada Agustus.



Judulnya, kata Rusia untuk "panggilan", terdiri dari huruf identifikasi yang dicat pada kendaraan militer selama serangan itu.

Dalam tulisan tersebut, Filatiev mencela baik keadaan militer dan serangan Moskow di Ukraina, yang dia yakini secara luas ditentang oleh prajurit yang terlalu takut untuk berbicara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2206 seconds (0.1#10.140)