Perbandingan Jet Tempur China dan Taiwan, Siapa Terkuat?

Rabu, 31 Agustus 2022 - 14:01 WIB
loading...
Perbandingan Jet Tempur China dan Taiwan, Siapa Terkuat?
F-16V merupakan versi paling canggih dari jet tempur Taiwan. Foto/REUTERS
A A A
BEIJING - China dan Taiwan tengah memanas. Terbaru, Selasa (30/8/2022), militer Taiwan melepaskan tembakan peringatan ke drone China yang berada di pulau kecil di lepas pantai Taiwan.

Tembakan peringatan tersebut dilepas tidak lama usai Presiden Tsai Ing Wen memerintahkan militer Taiwan guna mengambil tindakan balasan terhadap drone China yang terbang di kawasan yang berada di bawah kendali Taiwan.

Bicara tentang kekuatan militer China dan Taiwan, terdapat perbedaan dalam hal kekuatan militer serta alutsista yang dimiliki kedua pihak.

Salah satu alutsista yang bisa dibandingkan adalah jet tempur. Lalu bagaimana perbandingan jet tempur yang dimiliki China dan Taiwan? Berikut ulasannya.

1. China

Berdasarkan Global Firepower, China menempati rangking kedua dalam daftar negara yang memiliki kekuatan jet tempur.

Perbandingan Jet Tempur China dan Taiwan, Siapa Terkuat?


Jumlah jet tempur yang dimiliki China mencapai 1.200 unit. Terdapat beberapa jet tempur yang menjadi andalan negara ini, seperti Chengdu J-20, Shenyang FC-31, Shenyang J-11, Sukhoi Su-27, serta Sukhoi Su-30.

Chengdu J-20 adalah jet tempur yang diproduksi oleh Chengdu Aircraft Industry Group. Jet tempur ini mempunyai kemampuan manuver yang tinggi dan avionik yang terintegrasi, kecepatan jelajah supersonik, hingga teknologi siluman.

Chengdu J-20 dinilai setara dengan F-35 Lightining Strike Fighters dan Lockhead F-22 Raptors milik Amerika Serikat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1466 seconds (0.1#10.140)