Presiden Pertama Uni Soviet Mikhail Gorbachev Meninggal pada Usia 91 Tahun

Rabu, 31 Agustus 2022 - 06:21 WIB
loading...
A A A
Kebijakan “perestroika” diumumkan pada tahun 1986 sebagai upaya untuk menata kembali perekonomian.

Lebih dari sebuah gerakan politik, “restrukturisasi” bertujuan memberikan lebih banyak kemandirian kepada kementerian dan perusahaan besar milik negara.

Ini juga memperkenalkan beberapa reformasi gaya pasar bebas. Pada tahun 1988, Gorbachev mengizinkan pendirian perusahaan swasta di negara itu untuk pertama kalinya sejak "Kebijakan Ekonomi Baru" Vladimir Lenin tahun 1920-an.

Kebijakan lain yang dicanangkan adalah 'glasnost'. Gorbachev bertujuan membawa transparansi ke dalam masyarakat, memudahkan kontrol Partai Komunis atas media dan membebaskan tahanan politik.

Ini adalah perubahan radikal, karena kontrol atas pidato publik sebelumnya telah menjadi bagian penting dari rezim Soviet.

Gorbachev juga mengusulkan perubahan konstitusi untuk pindah ke sistem presidensial dan membentuk badan politik baru yang disebut Kongres Deputi Rakyat.

2.250 anggota dipilih dalam pemilihan parlemen semi-kompetitif pertama Uni Soviet. Pada 15 Maret 1990, setelah pemungutan suara di Kongres Deputi Rakyat, Mikhail Gorbachev menjadi presiden Uni Soviet.

(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1686 seconds (0.1#10.140)