Presiden Pertama Uni Soviet Mikhail Gorbachev Meninggal pada Usia 91 Tahun

Rabu, 31 Agustus 2022 - 06:21 WIB
loading...
Presiden Pertama Uni Soviet Mikhail Gorbachev Meninggal pada Usia 91 Tahun
Mikhail Gorbachev meninggal dunia setelah dirawat di rumah sakit. Foto/REUTERS
A A A
MOSKOW - Presiden pertama dan satu-satunya Uni Soviet Mikhail Gorbachev meninggal dunia pada usia 91 tahun di Moskow.

Kematiannya dilaporkan pada Selasa malam (30/8/2022) oleh Rumah Sakit Klinis Pusat, yang mengatakan dalam pernyataan, "Mikhail Sergeyevich Gorbachev meninggal malam ini setelah penyakit yang serius dan berkepanjangan."

Menurut kantor berita TASS, Gorbachev dirawat di rumah sakit pada awal pandemi Covid-19, atas permintaan dokternya, dan sejak itu berada di bawah pengawasan medis.

Dia adalah seorang tokoh yang kontroversial. Para pendukung memuji dia karena telah memainkan peran penting dalam mengakhiri Perang Dingin, sementara lawan menuduhnya membantu jatuhnya Uni Soviet dan kerugian besar bagi prestise Moskow dan pengaruh global.

Baca juga: Ribuan Warga Rusia Terancam Kehilangan Properti di Negara Uni Eropa

Lahir pada tahun 1931 dalam keluarga petani di Rusia selatan, di masa remajanya Gorbachev mengoperasikan mesin pemanen gabungan di pertanian kolektif.

Karir partainya dimulai pada awal tahun-tahun mahasiswanya, ketika dia belajar hukum di Universitas Negeri Lomonosov Moskow.

Pendakiannya melalui pangkat relatif cepat, dan pada tahun 1985 ia menjadi sekretaris jenderal Komite Sentral Partai Komunis Uni Soviet, menjadikannya pejabat berpangkat tertinggi di Uni Soviet.

Selama masa jabatannya, Gorbachev bertujuan menghidupkan kembali ekonomi Soviet yang macet, yang penuh dengan inefisiensi, pengeluaran pertahanan yang berlebihan, dan korupsi yang merayap.

Dia menyerukan reorganisasi dan modernisasi yang mendesak, tetapi segera memperluas reformasinya ke struktur politik dan sosial seluruh bangsa.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2051 seconds (11.97#12.26)