7 Negara Ini Pernah Perang dengan Israel, Irak Catat Sejarah Baru

Selasa, 30 Agustus 2022 - 17:07 WIB
loading...
7 Negara Ini Pernah Perang dengan Israel, Irak Catat Sejarah Baru
Israel tercatat pernah terlibat perang dengan sejumlah negara Timur Tengah. Foto/Ilustrasi/Sindonews
A A A
JAKARTA - Sejak berdiri pada tahun 1948, Israel sudah memulai konflik dengan beberapa negara, tidak hanya dengan Palestina . Tercatat, ada beberapa negara Timur Tengah yang sudah berperang dengan Israel.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan beberapa negara terlibat perang dengan Israel, salah satunya adalah konflik perebutan tanah yang terjadi dengan Palestina dan konflik politik yang terjadi dengan beberapa negara di Timur Tengah.

Berikut adalah beberapa negara yang pernah perang melawan Israel.

1. Palestina

Sampai saat ini konflik yang terjadi antara Israel dan Palestina belum berujung damai. Dampak konflik ini menyebabkan banyak bangunan yang hancur dan puluhan korban jiwa melayang. Faktor utama terjadinya konflik adalah perebutan wilayah geografis yang terletak di tanah Palestina dan Israel, serta kurangnya dukungan dari Liga Arab. Pada saat itu Palestina sudah melakukan intifada (pergerakan luas masyarakat Palestina) yang kedua kalinya pada tahun 1993 namun intifada tersebut ditolak oleh Israel.

Baca juga: Survei Ungkap 65% Warga Israel Tolak Operasi Militer di Gaza

2. Arab Saudi

Perang ini terjadi pada bulan November 1947 – Juli 1949. Hal ini disebabkan karena adanya perang saudara antara Yahudi dengan Arab Saudi. Namun tidak lama, perang tersebut berakhir karena adanya deklarasi kemerdekaan Israel dari beberapa tentara Arab yang ditandatangani oleh Israel, Mesir, Yordania, Lebanon dan Suriah. Kejadian ini sering juga disebut dengan Genjatan Senjata 1949, yang dikenal juga dengan Garis Hijau antara Israel dengan beberapa negara tetangganya.

3. Mesir


Negara Israel mulai melakukan serangan militer ke Mesir, saat itu Isarel dibantu oleh Inggris dan Perancis untuk menduduki Semenanjung Sinai dan mengambil alih Terusan Suez pada tanggal 29 Oktober 1956. Kemudian Mesir mengeluarkan putusan untuk menasionalisasi Terusan Suez setelah menarik tawaran Inggris dan Amerika Serikat untuk membiayai pembangunan Bendungan Aswan.

4. Suriah
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1805 seconds (11.97#12.26)