Bentrokan Meletus Pasca Ulama Syiah Irak Umumkan Mundur dari Panggung Politik

Selasa, 30 Agustus 2022 - 06:14 WIB
loading...
Bentrokan Meletus Pasca Ulama Syiah Irak Umumkan Mundur dari Panggung Politik
Bentrokan Meletus Pasca Ulama Syiah Irak Umumkan Mundur dari Panggung Politik. FOTO/Reuters
A A A
BAGHDAD - Setidaknya 12 pengunjuk rasa Irak tewas pada Senin (29/8/2022), setelah pendukung ulama Moqtada Sadr menyerbu istana pemerintah di Zona Hijau Baghdad. Insiden meletus setelah pemimpin Syiah itu mengatakan dia mundur dari politik.

“Saya telah memutuskan untuk tidak ikut campur dalam urusan politik. Oleh karena itu saya mengumumkan sekarang pensiun definitif saya,” kata Sadr. Ia merupakan pemain lama di kancah politik Irak, meskipun dia sendiri tidak pernah secara langsung berada di pemerintahan.



Dia menambahkan bahwa "semua institusi" yang terkait dengan gerakan Sadristnya akan ditutup, kecuali makam ayahnya, yang dibunuh pada tahun 1999, dan fasilitas warisan lainnya.

Tak lama setelah dia membuat pernyataan yang mengejutkan, para pengikut Sadr menyerbu ke Istana Republik, tempat pertemuan kabinet biasanya diadakan.

Protes kemudian menyebar ke bagian lain negara itu, dengan pengikut Sadr menyerbu gedung-gedung pemerintah di kota Nasiriyah dan Hillah di selatan Baghdad, kata seorang koresponden AFP dan saksi mata, dengan beberapa jalan juga diblokir di Hillah.

Ketegangan di Irak terus meningkat di tengah meningkatnya krisis politik yang telah membuat Irak tanpa pemerintahan baru, perdana menteri atau presiden selama berbulan-bulan.



Petugas medis mengatakan kepada AFP bahwa 12 pendukung Sadr telah ditembak mati dan 270 pengunjuk rasa lainnya terluka - beberapa dengan luka tembak dan lainnya menderita menghirup gas air mata.

Saksi mata mengatakan sebelumnya bahwa loyalis Sadr dan pendukung blok Syiah saingannya, Kerangka Koordinasi pro-Iran, terlibat baku tembak. Tentara mengumumkan jam malam nasional mulai pukul 7:00 malam. (1600 GMT), dan pasukan keamanan kemudian berpatroli di ibu kota.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1854 seconds (0.1#10.140)