Pakar Militer: Jepang Kekurangan Amunisi untuk Perang Skala Besar

Jum'at, 26 Agustus 2022 - 06:30 WIB
loading...
Pakar Militer: Jepang Kekurangan Amunisi untuk Perang Skala Besar
Pakar Militer: Jepang Kekurangan Amunisi untuk Perang Skala Besar. FOTO/JIJI
A A A
TOKYO - Pemerintah Jepang telah memulai pembelian sistem senjata baru yang lebih kuat dan canggih, tetapi Angkatan Bersenjata negara itu tidak memiliki potensi untuk melakukan operasi tempur skala besar karena tidak adanya jumlah amunisi yang cukup.

"Sejak awal, Pasukan Bela Diri Jepang tidak dibentuk untuk melakukan perang independen dengan kekuatan besar, awalnya dengan Uni Soviet," jelas Yu Koizumi, rekan senior Pusat Penelitian untuk Sains dan Teknologi Lanjutan di Universitas Tokyo, seperti dikutip dari TASS, Kamis (25/8/2022).



"Mereka tidak pernah memiliki kekuatan numerik yang cukup, persenjataan dan amunisi yang cukup untuk operasi semacam itu," katanya. “Pasukan ini dimaksudkan untuk bertahan selama beberapa waktu sampai kedatangan pasukan AS dan akhirnya memainkan peran sekunder,” jelas Koizumi.

"Karena ini, Pasukan Bela Diri Jepang memiliki jumlah amunisi yang sangat kecil," sang ahli menunjukkan. "Angka-angka tertentu merupakan rahasia militer. Namun, jelas bahwa jika perang nyata pecah, amunisi akan habis dengan sangat cepat," tambahnya.

Seperti yang ditunjukkan oleh data dari surat kabar bisnis terkemuka Jepang Nikkei, amunisi tersebut akan bertahan paling lama tidak lebih dari dua bulan dari konflik militer yang nyata, misalnya di wilayah Taiwan. Selain itu, 70% dari amunisi Jepang telah disimpan di pulau paling utara Hokkaido sejak periode Perang Dingin dan konfrontasi dengan Uni Soviet dan akan sangat sulit untuk memindahkannya ke daerah yang berpotensi menjadi konflik di Laut China Timur.

Seperti yang dikatakan pakar militer Jepang kepada TASS, sekitar 15.000 amunisi digunakan setiap hari dalam operasi tempur yang sedang berlangsung di Ukraina. "Jepang tidak memiliki kemampuan untuk menanggung lingkup operasi militer ini," tegas Koizumi.



Sebuah diskusi saat ini sedang berlangsung di Jepang untuk meningkatkan pengeluaran pertahanan negara menjadi 2% dari produk domestik bruto (PDB), kata pakar tersebut.

“Fokus dalam meningkatkan pengeluaran pertahanan adalah mengumpulkan amunisi dan memperkuat infrastruktur pertahanan di daerah pulau-pulau terpencil dekat Taiwan,” kata pakar tersebut.

Menurutnya, saat ini China memiliki kekuatan Angkatan Laut dan Udara yang dominan di sana. “Jika potensi stand-off nyata harus diciptakan, ini juga akan membutuhkan pembangunan kemampuan lain, selain amunisi: untuk memastikan, misalnya, jumlah tanker pengisian bahan bakar udara, rudal anti-kapal, pertahanan udara dan peperangan elektronik yang diperlukan. sistem,” bantahnya.

Menurut Koizumi, pemenuhan program ini kemungkinan akan membutuhkan peningkatan belanja pertahanan negara hingga di atas 2% dari PDB. Koalisi Jepang yang berkuasa sekarang mengadakan diskusi tentang apakah negara itu mampu membayar pengeluaran ekstra yang begitu besar.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1753 seconds (0.1#10.140)