Apakah Israel Negara Maju? Ini Penjelasan Lengkapnya

Kamis, 25 Agustus 2022 - 15:52 WIB
loading...
Apakah Israel Negara Maju? Ini Penjelasan Lengkapnya
Sejumlah orang berjalan di pusat Yerusalem. Foto/REUTERS
A A A
TEL AVIV - Israel selama ini identik dengan peperangan dan invasinya ke wilayah Palestina. Dalam menghadapi konflik tersebut, Israel diketahui menggunakan berbagai senjata canggih untuk melakukan penyerangan.

Tidak hanya senjata, berbagai alat dan kendaraan yang Israel gunakan dalam merebut wilayah Palestina juga selalu dilengkapi dengan teknologi terbaru.

Tentunya hal ini tidak mengherankan, mengingat Israel termasuk ke dalam salah satu negara maju.

Baca juga: UE Akui Kesepakatan Abraham Tak Ubah Situasi Palestina

Terdapat beberapa faktor yang menentukan indikasi negara maju, seperti stabilitas politik, produk domestik bruto (PDB), tingkat industrialisasi, infrastruktur, hingga kesejahteraan warganya.

Tidak mudah untuk menetapkan suatu negara menjadi negara maju karena banyak hal yang harus dipertimbangi.

Berdasarkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang dibagikan oleh PBB, Israel masuk ke dalam daftar negara yang mempunyai pembangunan manusia yang tinggi.

Baca juga: Macron Ungkap Berakhirnya Kelimpahan, Pengorbanan Harus Dilakukan

IPM mengukur pembangunan manusia berdasarkan kesehatan, pendidikan, dan harapan hidup. IPM memberikan penilaian pada skala 0 sampai 1 dan nilai IPM dari Israel sendiri terus meningkat setiap tahunnya. Di tahun 2019, nilai IPM Israel mencapai 0,919. Nilai tersebut terbilang sangat tinggi.

Dalam Indeks Ketimpangan Gender (IKG), Israel berada di peringkat 26 dari 162 negara di tahun 2019. Nilai IKG yang rendah dalam suatu negara menunjukkan rendahnya ketidaksetaraan gender. Israel memiliki nilai IKG yang rendah yaitu 0,109 di tahun 2019.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3531 seconds (11.210#12.26)