Negara-negara yang Mengakui Taiwan

Kamis, 25 Agustus 2022 - 15:42 WIB
loading...
Negara-negara yang Mengakui Taiwan
Para pendukung kemerdekaan Taiwan berkumpul di sekitar bandara menyambut kedatangan pejabat Amerika Serikat yang datang di Taipei, Taiwan, 1 Maret 2022. Foto/REUTERS/Ann Wang
A A A
TAIPEI - Taiwan merupakan wilayah di Asia Timur yang berbatasan langsung dengan Laut China Timur. Sejak lama, Taiwan mempunyai hubungan pasang-surut dengan China.

China menganggap Taiwan sebagai provinsi yang memisahkan diri dan bukan merupakan negara yang berdiri sendiri.

Di dunia, hanya ada beberapa negara yang mengakui Taiwan. Berikut sejumlah negara yang mengakui Taiwan.

1. Vatikan

Melansir laman resmi World Population Review, Vatikan mengakui keberadaan Taiwan sebagai negara sejak tahun 1942 hingga sekarang.

Negara kota yang ada di Italia ini bahkan menjamin bahwa perjanjian mengenai uskup dengan China bersifat religius.

Pihak Vatikan lantas menekankan jika hal tersebut bukanlah mengenai hubungan diplomatik dan meminta agar Taiwan tak perlu khawatir.

2. Belize

Negara kecil di pesisir timur Amerika Tengah, Belize, sudah mengakui Taiwan sebagai sebuah negara pada 1989 hingga kini.

Melansir laman Taipei Times, Dewan Perwakilan Rakyat Belize bahkan menyatakan dukungannya agar Taiwan bisa berpartisipasi dalam organisasi internasional.

Mosi itu diusulkan langsung oleh PM (Perdana Menteri) Belize, John Briceno.

3. Guatemala

Selanjutnya, ada Guatemala yanvg juga mengakui kedaulatan Taiwan. World Population Review menyebut, Guatemela sudah sangat lama mengakui kedaulatan Taiwan, yakni sejak tahun 1933 sampai sekarang.

Negara yang kini dipimpin Presiden Alejandro Giammattei itu terus berjanji untuk mempertahankan hubungan diplomatiknya dengan Taiwan.

Menurut Menteri Luar Negeri Mario Bucaro, hubungan antara Amerika Serikat (AS) dan Taiwan sangat penting bagi pemerintah Guatemala dan menjadi kunci.

4. Haiti

Haiti resmi mengakui keberadaan Taiwan pada tahun 1956 sampai kini. Haiti diketahui mempunyai keduataan besar di Taipei, dan Taiwan mendirikan kedutaan besarnya di Port-au-Prince.

Di tahun 2018, Presiden Haiti Jovenel Moise mengunjungi Taiwan untuk membicarakan hubungan antarkedua negara.

Meskipun Haiti dan Taiwan terhalang letak geografis yang sangat jauh, namun hal itu tidak menghalangi keduanya untuk menjalin kerja sama.

Mengutip laman Focus Taiwan, hubungan kedua negara bahkan tetap solid, meskipun Moise meninggal dunia pada 7 Juli 2021.

5. Honduras

Melansir laman World Population Review, Honduras menyatakan pengakuannya atas Taiwan pada tahun 1985.

Pengakuan itu bertahan hingga detik ini dan kedua negara diketahui menjalin hubungan baik. Keeratan hubungan Honduras dan Taiwan semakin terlihat kala Wakil Presiden Taiwan William Lai menghadiri pelantikan presiden perempuan pertama Honduras, Xiomata Castro, pada Januari 2022.

VOA menyebut, dalam kesempatan itu Lai juga akan memberikan bantuan medis untuk penanganan Covid-19 di Honduras.

Sementara itu, Taiwan diketahui sudah meminjamkan dana sekitar USD205 juta kepada Honduras. Informasi terbaru menyebut, Taiwan menyumbangkan dana sebanyak USD27 juta untuk Honduras.

6. Tuvalu

Tuvalu merupakan negara kecil yang berada antara Hawaii dan Australia. Negara ini mengakui kedaulatan Taiwan sejak tahun 1979 sampai sekarang.

Taiwan Today menyebut, saat peringatan 40 tahun hubungan diplomatik kedua negara pada 2019, Presiden Tsai Ing-wen berjanji untuk memperkuat kerja sama di berbagai bidang, yakni pendidikan, energi, perikanan, perubahan iklim, hingga perawatan kesehatan.

Taiwan dan Tuvalu tentunya ingin terus melanjutkan kemitraan untuk meningkatkan profil di kawasan dan komunitas global.

7. Palau

Palau termasuk negara yang baru mengakui keberadaan Taiwan, yakni tahun 1999 hingga kini. Melansir laman Nikkei Asia, Palau tetap mempertahankan hubungannya dengan Taiwan, meskipun mendapat tekanan dari China.

Sebab, negara kepulauan di Samudra Pasifik itu sudah merasakan intensnya kehadiran China di wilayahnya.

8. Paraguay

Paraguay juga menjadi salah satu negara yang mengakui keberadaan Taiwan sejak tahun 1957 sampai kini.

Melansir Reuters, negara ini bahkan tidak terpengaruh meskipun Nikaragua tidak lagi mengakui Taiwan dan berpaling ke China.

Melihat kenyataan itu, pemerintahan Paraguay tetap menghormati keputusan Nikaragua, namun tidak mengikuti jejaknya dan tetap teguh pada pendiriannya untuk terus mengakui dan bekerja sama dengan Taiwan.

9. Kepulauan Marshall

Sebuah negara yang terletak di bagian barat Samudra Pasifik, Kepulauan Marshall, mengakui kedaulatan Taiwan pada 1998 sampai sekarang. Pemerintah negara itu bahkan terus menjanjikan komitmen kuat agar hubungannya dengan Taiwan tetap terlaksana. Bahkan, Kepulauan Marshall mendukung Taiwan kala menghadapi tekanan diplomatik cukup kuat dari China.

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1137 seconds (0.1#10.140)