7 Kota di Palestina yang Sudah Dicaplok Menjadi Wilayah Israel

Rabu, 24 Agustus 2022 - 18:01 WIB
loading...
7 Kota di Palestina yang Sudah Dicaplok Menjadi Wilayah Israel
Pengunjung pantai berkumpul di tepi laut Mediterania di Tel Aviv, Israel, 21 Mei 2020. Foto/REUTERS/Amir Cohen
A A A
TEL AVIV - Israel telah mencaplok beberapa wilayah milik Palestina dan kini hampir semua wilayah termasuk Yerusalem diduduki secara ilegal.

Dilansir dari Aljazeera, sebelum munculnya mandat Inggris pada tahun 1917, Yahudi hanya menguasai sebagian kecil dari wilayah Palestina. Kemudian pada tahun 1948 jumlah Yahudi yang sebelumnya menjadi buruan Nazi membludak dan memenuhi wilayah tersebut.

Sekitar 750.000 warga Palestina harus terusir dengan datangnya kaum Yahudi yang mendirikan negara bernama Israel.

Sekarang Palestina hanya mengisi sebagian kecil wilayah di Gaza dan Tepi Barat yang kini mulai terkikis oleh kemunculan sejumlah warga Israel.

Ini membuat West Bank dibagi menjadi tiga area, yaitu area A yang masih diduduki Palestina, area B yang masih jadi perebutan dan area yang telah dikuasai Israel.

Berikut 7 kota di Palestina yang sudah dicaplok menjadi wilayah Israel dilansir dari berbagai sumber :

1. Tel Aviv

Ketika kemunculan orang yahudi di Palestina yang pada saat itu banyak dihuni orang orang Arab banyak terjadi konflik di wilayah tersebut.

Wilayah yang sekarang menjadi Ibu Kota Israel ini merupakan tanah Palestina. Namun setelah pengusiran paksa yang dilakukan Yahudi pada tahun 1948 membuat banyak penduduk Arab mundur dan membuat banyak wilayahnya yang direbut termasuk Tel Aviv.

2. Kiryat Gat
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3130 seconds (10.55#12.26)