Dramatis, Jet Tempur Ukraina dan Rusia Duel Udara di Atas Donbas

Senin, 22 Agustus 2022 - 10:35 WIB
loading...
Dramatis, Jet Tempur Ukraina dan Rusia Duel Udara di Atas Donbas
Jet tempur Su-27 Ukraina. Jet tempur jenis ini terlibat duel udara dengan pesawat Rusia yang tak dikenal di atas wilayah Donbas pada Jumat pekan lalu. Foto/Dmitry Pichugin/Wikipedia Commons
A A A
KIEV - Dua jet tempur milik Ukraina dan Rusia terlibat duel udara atau dogfights yang dramatis di atas Donbas baru-baru ini. Pesawat Kiev diidentifikasi sebagai Su-27 Flanker, sedangkan pesawat Moskow tidak diketahui.

Pertempuran di udara itu berlangsung Jumat (19/8/2022) dan video kejadian itu telah diunggah di Twitter oleh Matthew Luxmoore, jurnalis Wall Street Journal di Ukraina.

Ukraina selama ini mengeluh tentang kekuatan udaranya yang kurang memadai, namun ia tetap memberikan perlawanan sengit terhadap invasi jet-jet tempur canggih Rusia.

Video dari duel udara itu juga memperlihatkan pemandangan langka di mana jet tempur modern Rusia menembakkan rudal air-to-air (AAM). Jet tempur Ukraina juga melakukan aksi serupa.



"Ini adalah pemandangan yang luar biasa di sebagian Ukraina yang terbiasa dengan tembakan roket dan artileri tanpa henti dan sedikit aksi di langit," kata Luxmoore.

Menurutnya, pemandangan menakjubkan itu terjadi di kota Pokrovs, Donbas, Ukraina Timur.

"Sebuah pertempuran udara literal di langit di atas Donbas malam ini. Su-27 Ukraina menembakkan suar ke arah peluru kendali yang ditembakkan oleh jet tempur Rusia, tidak tertangkap dalam rekaman ini. Beberapa penduduk yang tersisa di Pokrovsk bergegas keluar untuk melongo melihat tontonan itu dan bertepuk tangan," tulis Luxmoore dalam keterangan di posting-an videonya.

Video dari jurnalis itu tidak memberikan rincian akhir dari hasil pertempuran udara.

Jet tempur Su-27 Ukraina terlihat meluncurkan dua AAM di awal video, berjeda sekitar 1 detik ketika noda gelap kecil terlihat di sekitarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1598 seconds (0.1#10.140)