Bikin Rusia Makin Frustrasi, AS Pasok Senjata Baru Rp11,5 Triliun ke Ukraina

Sabtu, 20 Agustus 2022 - 10:36 WIB
loading...
Bikin Rusia Makin Frustrasi, AS Pasok Senjata Baru Rp11,5 Triliun ke Ukraina
AS umumkan paket bantuan senjata baru untuk Ukraina senilai lebih dari Rp11,5 triliun. Pasokan senjata baru ini untuk membuat Rusia semakin frustrasi dengan perangnya yang kacau. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) pada hari Jumat mengumumkan paket bantuan senjata baru untuk Ukraina senilai USD775 juta atau lebih dari Rp11,5 triliun. Bantuan militer ini untuk membuat Rusia semakin frustrasi dengan perangnya yang kacau.

Dengan paket senjata terbaru itu, total bantuan keamanan Washington untuk Kiev menjadi USD10,6 miliar (Rp157,7 triliun) sejak awal pemerintahan Joe Biden.

Paket bantuan senjata terbaru itu telah disetujui Presiden Joe Biden, yang berarti penarikan dari pasokan senjata Pentagon. Presiden Biden sudah 19 kali melakukannya sejak Agustus 2021.

Pentagon mengatakan paket senjata dan peralatan terbaru akan mencakup amunisi tambahan untuk Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi (HIMARS) dan 16 Howitzer 105mm dan 36.000 peluru artileri 105mm.



Sebanyak 15 Scan Eagle Unmanned Aerial Systems dan 40 MaxxPro Mine Resistant Ambush Protected Vehicles dengan roller ranjau serta tambahan rudal anti-radiasi berkecepatan tinggi juga akan dikirim.

Selain itu, paket tersebut juga mencakup 50 Armored High-Mobility Multipurpose Wheeled Vehicles (HMMWV), 1.500 rudal Tube-Launched, Optically-Tracked, Wire-Guided (TOW) dan 1.000 sistem anti-armor Javelin.

Item lainnya adalah peralatan dan sistem pembersihan ranjau, perangkat penglihatan malam, sistem citra termal, optik, dan pengukur jarak laser.

“Seperti yang telah dijelaskan oleh Presiden Biden, kami akan mendukung Ukraina karena mereka mempertahankan demokrasi mereka selama diperlukan,” kata Pentagon dalam sebuah pernyataan.

“Amerika Serikat akan terus bekerja dengan Sekutu dan mitranya untuk memberi Ukraina kemampuan utama untuk memenuhi persyaratan medan perang Ukraina yang terus berkembang," lanjut Pentagon, seperti dikutip Al Arabiya, Sabtu (20/8/2022).

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken memuji keberanian dan kekuatan tentara Ukraina dan rakyatnya yang dia sebut "luar biasa". Dia bersumpah akan terus menyediakan senjata untuk Ukraina.

“Kemampuan ini dikalibrasi dengan hati-hati untuk membuat perbedaan besar di medan perang dan memperkuat posisi Ukraina di meja perundingan,” katanya dalam sebuah pernyataan.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1591 seconds (0.1#10.140)