Rusia Klaim 100 Pasukan Ukraina Dieksekusi Resimen Neo Nazi

Jum'at, 19 Agustus 2022 - 20:48 WIB
loading...
Rusia Klaim 100 Pasukan Ukraina Dieksekusi Resimen Neo Nazi
Rusia klaim 100 pasukan Ukraina dieksekusi resimen Neo Nazi. Foto/Ilustrasi
A A A
MOSKOW - Sekitar 100 tentara Ukraina telah dieksekusi oleh pejuang nasionalis dari resimen "Kraken" karena meninggalkan posisi mereka. Demikian klaim Kementerian Pertahanan Rusia dalam briefing hariannya pada Jumat (19/8/2022).

"Setelah pasukan Rusia melakukan serangan terhadap brigade infanteri bermotor ke-58 Ukraina pada 14 Agustus di dekat pemukiman Udy di wilayah Kharkov, sisa-sisa formasi melarikan diri dari posisi mereka dan mundur," kata juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia Mayor Jenderal Igor Konashenkov.

"Untuk menekan kepanikan dan mengintimidasi personel Angkatan Bersenjata Ukraina, para pejuang dari resimen neo Nazi Kraken secara nyata mengeksekusi 100 prajurit dari brigade infanteri bermotor ke-58 yang meninggalkan posisi mereka di dekat Udy," sambungnya seperti dikutip dari Russia Today.



Resimen "Kraken" menggambarkan dirinya sebagai unit pengintaian dan sabotase khusus di bawah Kementerian Pertahanan Ukraina, yang beroperasi secara terpisah dari Angkatan Bersenjata. Moskow menganggapnya sebagai cabang dari resimen neo-Nazi "Azov" yang menderita kekalahan telak di kota Mariupol pada bulan Mei lalu.

Kementerian Pertahanan Rusia telah menuduh batalion tersebut melakukan beberapa kejahatan perang sejak awal konflik, dan percaya bahwa batalion tersebut bertanggung jawab atas penganiayaan brutal terhadap tawanan perang Rusia.

Meskipun tidak ada informasi tentang berapa banyak personel yang dimiliki resimen Kraken, beberapa perkiraan menunjukkan sekitar 1.800 tentara yang kuat, yang sebagian besar adalah veteran dan sukarelawan Azov. Selama operasi militer Rusia di Ukraina, Kementerian Pertahanan Rusia secara teratur melaporkan telah menghabisi ratusan pejuang dari resimen Kraken serta dari divisi nasionalis lainnya.



Dalam pembaruan hari Jumat ini, Kementerian Pertahanan Rusia melaporkan menghancurkan titik penempatan sementara formasi "Azov" dan "Aidar" di dekat kota Soledar di Republik Rakyat Donetsk, dan mengklaim telah melenyapkan lebih dari 50 pejuang neo-Nazi serta 12 unit peralatan militer.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1921 seconds (0.1#10.140)