Takut Dipersekusi, Ribuan Orang Yahudi Tinggalkan Rusia

Jum'at, 19 Agustus 2022 - 14:41 WIB
loading...
A A A
"Saya menerima beberapa pesan yang mengatakan 'Bagaimana Anda bisa meninggalkan kami sendirian?' tapi saya akan mengatakan mayoritas besar sangat mendukung. Bukan konflik kecil untuk memutuskan apakah akan pergi, bagi saya dan istri saya komunitas adalah hidup kami," tuturnya.

Rabbi Goldschmidt mengatakan bahwa dengan tetap tinggal dan bersuara, komunitas itu bisa terancam punah.

Tapi sejak itu, sejumlah besar telah mengikuti jejaknya.

Banyak yang telah mengambil kesempatan untuk pergi ke Israel, di mana Hukum Pengembalian memberi siapa pun hak kewarganegaraan yang dapat membuktikan bahwa mereka memiliki setidaknya satu kakek Yahudi.

"Saya telah berpikir sedikit tentang mengapa ada terburu-buru untuk pergi karena kita tidak melihat gelombang besar anti-Semitisme," kata Anna Shternshis, Profesor studi Yiddish di University of Toronto dan spesialis dalam sejarah Yahudi di Rusia.



"Tapi kemudian memakai topi sejarawan saya, saya melihat bahwa setiap kali sesuatu terjadi di Rusia, beberapa pergolakan, beberapa perubahan, orang Yahudi selalu dalam bahaya," terangnya.

Dia menggambarkan bagaimana peristiwa sejarah Rusia menyebabkan kekerasan terhadap orang Yahudi, seperti revolusi, krisis ekonomi akhir abad ke-19 dan Perang Dunia Kedua.

"Tidak semua orang melakukannya, tetapi setiap orang Yahudi di Rusia hari ini memikirkan hal ini," ucapnya.

Shternshis sendiri lahir dan dibesarkan di Rusia. Dia mengatakan dia merasa sangat kecewa dengan cara orang Yahudi merasa, sekali lagi dalam sejarah dunia, bahwa betapapun mereka telah berkomitmen untuk membangun kehidupan di suatu tempat, hal itu bisa tiba-tiba diambil.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2066 seconds (0.1#10.140)