Presiden AS Joe Biden: Selamat Merayakan 77 Tahun Kemerdekaan Indonesia

Selasa, 16 Agustus 2022 - 23:22 WIB
loading...
Presiden AS Joe Biden: Selamat Merayakan 77 Tahun Kemerdekaan Indonesia
Presiden AS Joe Biden saat menyambut kunjungan Presiden Indonesia Joko Widodo di Gedung Putih, Washington, 12 Mei 2022. Biden mengucapkan selamat kepada Jokowi dan masyarakat Indonesia atas perayaan 77 tahun kemerdekaan Indonesia. Foto/Laily Rachev-Biro P
A A A
JAKARTA - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menyampaikan selamat kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan masyarakat Indonesia atas perayaan 77 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia .

Ucapan Biden disampaikan dalam pesan tertulis yang disampaikan oleh Kedutaan Besar AS di Jakarta pada Selasa (16/7/2022).

“Yang terhormat Bapak Presiden (Joko Widodo), atas nama Amerika Serikat dan rakyat Amerika, saya mengucapkan selamat kepada Anda dan rakyat Indonesia karena Anda merayakan kemerdekaan bangsa Anda pada 17 Agustus,” kata Biden dalam pesan tertulisnya.

Biden mengatakan sebagai dua negara demokrasi terbesar di dunia, AS dan Indonesia merayakan tonggak kemerdekaan mereka di tengah sejarah panjang dan bersama yang dibangun di atas visi bersama "Bhinneka Tunggal Ika" dan "E Pluribus Unum".

Kedua semboyan itu memiliki makna yang hampir sama. E Pluribus Unum, semboyan AS, berasal dari bahasa Latin yang bermakna "Dari banyak menjadi satu".

Sedangkan semboyan bangsa Indonesia, "Bhinneka Tunggal Ika" berasal dari bahasa Sansekerta yang bermakna "Berbeda-beda tetapi tetap satu jua".

Baca juga: Jerman Kirim Armada Jet Tempur ke Indo-Pasifik, Lintasi Indonesia

Lebih lanjut, pesan tertulis Biden mengatakan; "Pada Hari Kemerdekaan Indonesia ini, saya menantikan semua yang akan dilakukan kedua negara kita bersama untuk memajukan komitmen bersama kita terhadap demokrasi dan bekerja untuk membangun kawasan Indo-Pasifik yang damai, sejahtera, dan tangguh."

"Amerika Serikat merayakan hari yang menggembirakan ini dengan Anda sebagai teman dan mitra strategis," imbuh Biden.

Menteri Luar Negeri AS Antony J. Blinken juga mengirim ucapan serupa.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1741 seconds (11.210#12.26)