Pilot Tempur Terbaik Ukraina Tewas dalam Perang Lawan Rusia

Rabu, 17 Agustus 2022 - 02:15 WIB
loading...
Pilot Tempur Terbaik Ukraina Tewas dalam Perang Lawan Rusia
Anton Lytopad, pilot tempur terbaik Ukraina, tewas dalam perang melawan pasukan Rusia. Foto/Topky.sk
A A A
KIEV - Salah satu pilot tempur terbaik Angkatan Udara Ukraina tewas dalam perang melawan pasukan Rusia . Pilot tersebut bernama Anton Lytopad.

Para pejabat Kiev mengumumkan kematiannya pada hari Minggu.

Halaman Facebook Physics and Technical Lyceum of Ivano-Frankivsk Regional Councilmengatalan Lytopad, yang dianugerahi gelar pilot terbaik Angkatan UdaraPasukanBersenjata Ukraina pada 2019, tewas dalam pertempuran melawan pasukan Rusia.

Pernyataan itu mengatakan Lytopad belajar di lyceum dari 2005 hingga 2008.

"Anton Lytopad, lulusan Physics and Technical Lyceum, meninggal membela negara Ukraina," bunyi pernyataan tersebut.

Baca juga: Ukraina Hancurkan Markas Tentara Bayaran Rusia setelah Lokasinya Dibocorkan Wartawan

Hanya beberapa hari sebelum kematiannya, dia dihormati oleh Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dengan penghargaan bergengsi, Order for Courage, kelas 3, untuk "keberanian, keberanian, dan profesionalisme" -nya.

Lystopad dikenal sebagai pilot tempur yang mampu dan sangat gigih.

"Jutaan orang Ukraina dengan gembira dan bangga menyaksikan pada hari peringatan 30 tahun kemerdekaan penerbangan kolom penerbangan parade pasukan di atas Khreshchatyk. Anton kami adalah pemimpin kolom ini," lanjut pernyataan halaman Facebook lembaga tersebut.

"Jalan Anton di belakang kemudi sebuah jet tempur itu sulit tapi bermakna. Namun, pemuda itu dengan keras kepala mengejar mimpinya—menjadi pilot, terbang tinggi di langit seperti burung, dan merenungkan keindahan Bumi dengan mata elang."

Lembaga itu mengatakan Lytopad membela Ukraina "sejak menit pertama" invasi skala penuh Rusia ke Ukraina.

"Lytopad berhak milik nomor yang paling populer di antara generasi saat ini lulusan lyceum dari lembaga pendidikan kami," imbuh pernyataan itu.

Outlet berita lokal Ukrinform melaporkan bahwa pilot itu belajar di Ivan Kozhedub National Air Force University dari 2013 hingga 2018, dan menjadi pilot pesawat tempur dengan pangkat tertinggi.

Awal bulan ini, Staf Umum Angkatan Bersenjata Ukraina mengatakan dalam sebuah tweetbahwa Angkatan Udara Ukraina dapat diandalkan mempertahankan langitnya melawan Rusia.

“Angkatan Udara dengan andal membela langit Ukraina dan memberikan penolakan yang layak kepada agresor Rusia di dalamnya,” bunyi tweet tersebut pada 7 Agustus. "Terima kasih atas profesionalisme dan dedikasi Anda untuk membela Ukraina!"

Sehari sebelumnya, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky juga merilis video perayaan Hari Angkatan Udara Ukraina.
(min)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1536 seconds (10.101#12.26)