Jerman Kirim Armada Jet Tempur ke Indo-Pasifik, Lintasi Indonesia

Selasa, 16 Agustus 2022 - 12:11 WIB
loading...
A A A
Setelah “Pitch Black” berakhir, pesawat tempur Jerman akan mengambil bagian dalam latihan “Kakadu” bersama Angkatan Laut Australia antara 12 dan 26 September, di mana mereka akan melatih pertahanan aset Angkatan Laut.



Namun, jadwal pelatihan Luftwaffe yang sibuk tidak berakhir di sana, karena juga diharapkan untuk berlatih dengan Angkatan Udara Singapura, serta mengirim detasemen untuk kunjungan ke Korea Selatan dan Jepang.

“Gerhartz mencatat bahwa latihan dengan Canberra akan menawarkan kesempatan untuk mempelajari lebih lanjut tentang jet tempur F-35 buatan AS, yang baru-baru ini disetujui Berlin untuk diperoleh dari Washington,” ungkap seorang juru bicara Luftwaffe kepada Defense News.

Menurut dia, tidak ada rencana untuk membahas F-35 atau interoperabilitas dengan Tokyo atau Seoul.

Sama seperti Amerika Serikat dan sekutu Barat lainnya, Jerman menyatakan memiliki kepentingan vital di Indo-Pasifik.

Jerman memperingatkan kerusakan jalur laut di kawasan itu dapat memiliki “konsekuensi serius” bagi kemakmurannya.

Meskipun kehadiran militernya tidak sebanding dengan Washington, yang secara rutin mengirim kapal perang melalui perairan yang disengketakan di Laut China Selatan dan di tempat lain di kawasan itu, Berlin juga menyebut kekuatan nuklir di Indo-Pasifik, seperti China, India, dan Pakistan, sebagai potensi risiko keamanan.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1534 seconds (0.1#10.140)