Jerman Kirim Armada Jet Tempur ke Indo-Pasifik, Lintasi Indonesia

Selasa, 16 Agustus 2022 - 12:11 WIB
loading...
Jerman Kirim Armada Jet Tempur ke Indo-Pasifik, Lintasi Indonesia
Armada jet tempur Jerman melakukan pengisian bahan bakar di udara sebelum singgah di Abu Dhabi. Foto/@Team_Luftwaffe/twitter
A A A
BERLIN - Angkatan Udara Jerman mengerahkan armada jet tempur untuk misi pertamanya di Indo-Pasifik. Armada itu pertama kali akan berhenti di Singapura sebelum mengadakan beberapa hari latihan dengan rekan-rekan Australia.

Luftwaffe mengerahkan enam jet tempat Eurofighter, empat pesawat multirole A400M dan tiga kapal pengangkut tanker A330 dari Pangkalan Udara Neuburg pada Senin (15/8/2022).

Armada itu akan melakukan perjalanan sejauh 10.000 km ke Singapura hanya dalam 24 jam dengan hanya satu pemberhentian singkat di Abu Dhabi untuk perubahan pilot.



Menurut jalur penerbangan dari Jerman ke Australia, armada jet tempur itu akan melintasi wilayah udara Indonesia.

“Kami ingin menunjukkan bahwa kami dapat berada di Asia dalam sehari,” ungkap Kepala Staf Angkatan Udara Letnan Jenderal Ingo Gerhartz, sementara akun twitter resminya menjulukinya sebagai “tantangan Luftwaffe” 24 jam.

“Indo-Pasifik sangat penting bagi Jerman. Kami berbagi nilai yang sama dengan banyak mitra di kawasan ini,” ujar Gerhartz.

Secara simbolis membawa bendera Jerman, Singapura, Australia, Korea Selatan dan Jepang, Eurofighters dan kapal lainnya kemudian akan menuju ke Darwin, Australia untuk berpartisipasi dalam latihan “Pitch Black” dua tahunan Canberra yang berlangsung dari 19 Agustus hingga 9 September.

Baca juga: Prediksi Mengerikan Perang Nuklir AS dan Rusia, 5 Miliar Orang akan Mati Kelaparan

“Selama waktu itu armada jet tempur akan melakukan latihan udara-ke-udara, berlatih serangan darat dan terbang dalam formasi yang lebih besar dengan pesawat sekutu,” papar Angkatan Udara Jerman.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1593 seconds (10.101#12.26)