Taipei pada AS: Terima Kasih Sudah Jaga Keamanan Selat Taiwan

Minggu, 14 Agustus 2022 - 03:00 WIB
loading...
Taipei pada AS: Terima Kasih Sudah Jaga Keamanan Selat Taiwan
Taipei pada AS: Terima Kasih Sudah Jaga Keamanan Selat Taiwan. FOTO/Reuters
A A A
TAIPEI - Kementerian Luar Negeri Taiwan pada Sabtu (13/8/2022) menyampaikan “terima kasih yang tulus” kepada Amerika Serikat (AS) karena telah melakukan “tindakan nyata” untuk menjaga keamanan dan perdamaian di Selat Taiwan dan kawasan.

Kementerian Luar Negeri Taiwan mengatakan dalam sebuah pernyataan, bahwa “intimidasi militer dan ekonomi” China telah “lebih memperkuat persatuan dan ketahanan kamp demokrasi global.”



Sebelumnya, Presiden Taiwan Tsai Ing-wen mengatakan, ancaman kekuatan China tidak berkurang, meskipun latihan militer terbesar Beijing di sekitar pulau itu setelah kunjungan Pelosi minggu lalu tampaknya akan berkurang.

Pada rapat umum di Taiwan selatan untuk pemilihan lokal yang dijadwalkan akhir November, Tsai mengatakan mereka tidak hanya menghadapi kandidat saingan, "tetapi juga tekanan dari China."

“Orang Taiwan sangat antusias dan mencintai kebebasan dan demokrasi, begitu banyak teman internasional yang baik datang ke Taiwan untuk mendukung kami. Ini adalah hal yang normal dan baik, tetapi China mengancam dan mengintimidasi Taiwan,” kata Tsai, seperti dikutip dari Reuters.



“Namun, saya ingin meyakinkan semua orang bahwa pemerintah dan militer kita siap, dan saya pasti akan menjaga Taiwan,” lanjutnya.

China melanjutkan aktivitas militernya di dekat Taiwan, meskipun dalam skala yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan pekan lalu.

Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan, pada Sabtu, 13 pesawat Angkatan Udara China telah melintasi garis tengah Selat Taiwan, yang bertindak sebagai penghalang tidak resmi antara kedua belah pihak dalam waktu normal.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1795 seconds (0.1#10.140)