Puluhan Ekonom Dunia Desak AS Cairkan Dana Afghanistan yang Dibekukan

Sabtu, 13 Agustus 2022 - 13:27 WIB
loading...
Puluhan Ekonom Dunia Desak AS Cairkan Dana Afghanistan yang Dibekukan
Puluhan ekonom dunia desak AS cairkan dana Afghanistan yang dibekukan. Foto/New York Post
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) harus melepaskan aset Bank Sentral Afghanistan yang dibekukan tahun lalu setelah Taliban mengambil alih kekuasaan dan mengembalikannya kepada rakyat Afghanistan . Hal itu diungkapkan lebih dari 70 ekonom terkenal dalam sebuah surat terbuka pada hari Rabu.

Para ekonom dan akademisi dari AS, Inggris, India, Prancis, Kanada, Australia, dan Brasil mengatakan mereka sangat prihatin dengan bencana ekonomi dan kemanusiaan yang terjadi di Afghanistan serta peran yang dimainkan Amerika dalam “mendorongnya.”

Setelah pengambilalihan kekuasaan oleh Taliban pada Agustus 2021, AS memblokir dana USD7 miliar dalam cadangan devisa Bank Sentral Afghanistan yang disimpan di Federal Reserve Bank of New York. Sedangkan USD2 miliar lainnya dibekukan oleh Inggris, Jerman, Uni Emirat Arab (UEA), dan beberapa negara lain.

"Aset yang dibekukan itu penting untuk berfungsinya ekonomi Afghanistan, termasuk fasilitasi impor makanan dan minyak, yang sangat diandalkan negara itu," bunyi surat terbuka yang ditujukan kepada Presiden Joe Biden dan Menteri Keuangan AS Janet Yellen.



"Sekarang, sekitar setengah dari populasi Afghanistan menghadapi ketidakamanan pangan akut,” para ekonom memperingatkan seperti dikutip dari Russia Today, Sabtu (13/8/2022)

Mereka menambahkan bahwa, meskipun ada beberapa faktor yang menyebabkan situasi ekonomi yang mengerikan di Afghanistan, pembekuan aset oleh AS dan sekutunya khususnya telah berkontribusi besar terhadap keruntuhan ekonomi Afghanistan.

Para ekonom dan akademisi, termasuk pemenang hadiah Nobel Ekonomi 2001 Joseph Stiglitz serta mantan Menteri Keuangan Yunani Yanis Varoufakis, mengecam pembekuan itu sebagai "tindakan pemaksaan" yang mencegah Bank Sentral Afghanistan (DAB) dari menjalankan "fungsi normal dan esensialnya."

Surat itu juga mengutip penilaian oleh Komite Penyelamatan Internasional - sebuah asosiasi bantuan kemanusiaan global yang didirikan atas permintaan Albert Einstein - yang memperingatkan bahwa krisis kemanusiaan saat ini dapat menyebabkan lebih banyak kematian daripada perang selama dua puluh tahun.



Para penandatangan surat itu juga mengkritik keputusan Biden untuk menggunakan setengah dari jumlah yang dibekukan oleh Washington – USD3,5 miliar – sebagai kompensasi kepada para korban terorisme Taliban di Amerika, termasuk korban 9/11.

"Dengan semua hak, USD7 miliar sepenuhnya adalah milik rakyat Afghanistan. Keputusan untuk membagi dana ini menjadi dua adalah sewenang-wenang dan tidak dapat dibenarkan, dan mengembalikan apa pun yang kurang dari jumlah penuh merusak pemulihan ekonomi yang hancur," kata para ekonom.

Para ekonom juga mengutuk pemerintah Taliban atas beberapa "hal-hal mengerikan" yang dilakukan, termasuk perlakuan mengerikan terhadap perempuan dan anak perempuan, dan etnis minoritas, tetapi berpendapat bahwa baik secara moral dikutuk dan secara politik serta ekonomi sembrono untuk menjatuhkan hukuman kolektif pada seluruh orang.

Washington sejauh ini belum menanggapi surat tersebut. Selama sekitar satu tahun sejak pengambilalihan kekuasaan oleh Taliban, Washington telah menolak untuk mengakui pemerintah baru itu atau mengembalikan dana yang dibekukan. Pada bulan Juli, Biden juga mencabut status Afghanistan sebagai 'Sekutu Utama Non-NATO'.

Pada bulan Februari, ketika Biden menandatangani perintah eksekutif yang menjanjikan USD3,5 miliar untuk memberikan kompensasi kepada para korban terorisme Taliban di Amerika, Taliban mengecam langkah itu sebagai “pencurian” dan memperingatkan bahwa mereka akan “mempertimbangkan kembali” kebijakannya terhadap Washington jika melanjutkan rencananya.

9/11

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1259 seconds (0.1#10.140)