Rusia: Swiss Tak Lagi Netral, Tidak Bisa Jadi Penengah

Jum'at, 12 Agustus 2022 - 21:30 WIB
loading...
Rusia: Swiss Tak Lagi Netral, Tidak Bisa Jadi Penengah
Rusia: Swiss Tak Lagi Netral, Tidak Bisa Jadi Penengah. FOTO/Reuters
A A A
MOSKOW - Rusia mengatakan pada Kamis bahwa pihaknya telah menolak tawaran Swiss untuk mewakili kepentingan Ukraina di Rusia dan kepentingan Moskow di Ukraina . Rusia tidak lagi menganggap Swiss sebagai negara netral.

Swiss memiliki tradisi diplomatik yang panjang untuk bertindak sebagai perantara antara negara-negara yang hubungannya telah rusak. Namun, juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Ivan Nechayev mengatakan, ini tidak mungkin diterapkan dalam situasi saat ini.



"Swiss memang tertarik dengan pendapat kami tentang kemungkinan representasi kepentingan Ukraina di Rusia dan Rusia di Ukraina," kata Nechayev kepada wartawan, seperti dikutip dari TASS.

"Kami dengan sangat jelas menjawab bahwa Swiss sayangnya telah kehilangan statusnya sebagai negara netral dan tidak dapat bertindak sebagai perantara atau perwakilan. Bern telah bergabung dengan sanksi ilegal Barat terhadap Rusia," lanjutnya.

Swiss yang netral telah mencerminkan hampir semua sanksi yang dijatuhkan Uni Eropa kepada Rusia atas intervensi militernya di Ukraina. Media Swiss sebelumnya melaporkan bahwa tujuan utama proposal Swiss adalah untuk memungkinkan warga Ukraina yang tinggal di Rusia menerima layanan konsuler dari kedutaan Swiss di Moskow.



Sebelumnya, surat kabar Swiss, Tages Anzeiger melaporkan bahwa pemerintah negara itu telah menolak permintaan untuk merawat warga Ukraina yang terluka dengan alasan bahwa tindakan itu akan melanggar status netralnya. Permintaan itu sendiri diajukan oleh sebuah departemen di NATO.

Tages Anzeiger melaporkan Pusat Koordinasi Tanggap Bencana Euro-Atlantik dilaporkan menghubungi Layanan Medis Terkoordinasi (KSD) Angkatan Darat Swiss pada bulan Mei lalu. Blok militer itu mencari bantuan dari petugas medis Swiss dalam merawat tidak hanya tentara Ukraina tetapi juga warga sipil yang membutuhkan perawatan di rumah sakit.

Pusat Koordinasi Tanggap Bencana Euro-Atlantik adalah sebuah struktur NATO yang saat ini mengoordinasikan evakuasi medis internasional dan perawatan orang-orang Ukraina yang terluka selama konflik yang sedang berlangsung antara Moskow dan Kiev.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1645 seconds (0.1#10.140)