PBB Kecam Pembunuhan Tak Masuk Akal terhadap Anak-anak Palestina

Jum'at, 12 Agustus 2022 - 08:19 WIB
loading...
PBB Kecam Pembunuhan Tak Masuk Akal terhadap Anak-anak Palestina
Inilah 12 dari 15 anak-anak Palestina di Gaza yang tewas akibat agresi Israel selama tiga hari pada pekan lalu. Foto/Al Jazeera/Kementerian Kesehatan Palestina
A A A
JENEWA - Kepala hak asasi manusia (HAM) PBB mengeluarkan peringatan pada Kamis tentang jumlah anak-anak Palestina yang tewas dan terluka bulan ini. Dia menuntut mereka yang bertanggung jawab dibawa ke pengadilan.

Pekan lalu dunia menyaksikan tiga hari konflik intens antara Israel dan militan Jihad Islam Palestina (PIJ) yang berbasis di Gaza.

"Menyakiti anak mana pun selama konflik sangat mengganggu," kata Michelle Bachelet, Komisaris Tinggi PBB untuk HAM, mengatakan dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip AFP, Jumat (12/8/2022).

"Pembunuhan dan melukai begitu banyak anak tahun ini tidak masuk akal."

Baca juga: Agresi Israel Tewaskan 15 Anak di Gaza, Ini Daftar Lengkapnya

Serangan udara dan artileri Israel menargetkan posisi kelompok Jihad Islam Palestina yang didukung Iran.

Kantor Bachelet mengatakan 19 anak Palestina telah tewas di wilayah Palestina dalam konflik baru-baru ini, sehingga jumlah total tahun ini menjadi 37 orang.

Korban anak terbaru adalah Liyan al-Shaer yang berusia 10 tahun, yang meninggal di sebuah rumah sakit di Yerusalem pada Kamis karena luka di kepala yang dideritanya dalam putaran terakhir konflik di Gaza.

Sebanyak 17 anak tewas selama permusuhan Gaza dari 5 hingga 7 Agustus, sementara dua lagi tewas pada Selasa dalam operasi Israel di Tepi Barat.

Kantor HAM PBB (OHCHR) mengatakan bahwa di antara 48 warga Palestina yang tewas dalam konflik Gaza pekan lalu, setidaknya ada 22 warga sipil. Mereka termasuk 17 anak.

Menurut ONHCR, dari 360 warga Palestina yang dilaporkan terluka, hampir dua pertiganya adalah warga sipil, termasuk 151 anak-anak.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1603 seconds (11.252#12.26)