Invasi China ke Taiwan Akan Lebih Mengerikan daripada Perang Ukraina

Kamis, 11 Agustus 2022 - 10:10 WIB
loading...
Invasi China ke Taiwan Akan Lebih Mengerikan daripada Perang Ukraina
Invasi China ke Taiwan, jika benar-benar terjadi, dinilai akan lebih mengerikan daripada perang Rusia di Ukraina. Foto/REUTERS
A A A
SYDNEY - Invasi skala penuh China ke Taiwan , jika benar-benar terjadi, akan lebih mengerikan daripada invasi Rusia ke Ukraina . Peringatan itu disampaikan oleh pemimpin oposisi yang juga mantan menteri pertahanan Australia Peter Dutton.

Dia mengatakan invasi China ke Taiwan akan menyebabkan lebih banyak korban.

Menurut Dutton, Australia harus segera meningkatkan pertahanannya untuk melindungi diri dari serangan yang tak terhindarkan.

Putaran terakhir dari bahasa peringatannya datang ketika ketegangan terus meningkat di Selat Taiwan setelah kunjungan Ketua DPR Amerika Serikat Nancy Pelosi ke Taiwan.

Baca juga: Dijatuhi Sanksi China soal Taiwan, Nancy Pelosi Tertawa

Sementara militer China telah mengakhiri latihan perangnya selama hampir seminggu, mereka telah berjanji untuk terus melakukan patroli di Selat Taiwan.

Kondisi keamanan semakin dipertaruhkan setelah rilis Buku Putih dan pidato dari duta besar China untuk Australia, yang bersumpah untuk "menyatukan kembali" pulau demokrasi liberal Taiwan dengan China.

Dutton mengatakan dia, seperti pemerintah Perdana Menteri Anthony Albanese, mendukung kebijakan Satu China dan tidak ada yang ingin melihat konflik.

"Itu akan menjadi peristiwa yang sangat signifikan, lebih rumit dari apa yang telah kita lihat di Ukraina, lebih kuat dalam kekuatan," kata Dutton kepada ABC Radio, Kamis (11/8/2022).

“(Akan ada) lebih banyak korban, dan itu bukan sesuatu yang ingin dipikirkan siapa pun.”

Dutton mengatakan Australia harus memperkuat pertahanannya dan terus bekerja keras dengan sekutu yang berpikiran sama.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2285 seconds (11.97#12.26)