5 Negara dengan Kapal Selam Terbanyak di Dunia, 3 Ada di Asia

Selasa, 09 Agustus 2022 - 14:27 WIB
loading...
5 Negara dengan Kapal Selam Terbanyak di Dunia, 3 Ada di Asia
Kapal selam kelas Whiskey Soviet dioperasikan oleh Korea Utara. Foto/wikipedia
A A A
BEIJING - Kapal selam adalah salah satu alutsista yang mempunyai nilai strategis. Kekuatan kapal selam sangat diperhitungkan dalam kekuatan militer suatu negara.

Pada beberapa negara, kapal selam dirancang dengan fasilitas yang canggih serta ukuran yang besar guna dapat bertahan lama di bawah laut.

Berikut negara dengan kapal selam terbanyak di dunia versi Global Fire Power.

1. China (79 Kapal Selam)

China merupakan salah satu negara yang cepat berkembang dalam pengembangan militer. Tak heran jika negara yang dipimpin Presiden Xi Jinping mempunyai banyak kapal kapal selam.

5 Negara dengan Kapal Selam Terbanyak di Dunia, 3 Ada di Asia


Melansir globalfirepower.com, Selasa (9/8/2022), China mempunyai 79 kapal selam.

Foto satelit merekam penampakan kapal selam nuklir terbaru milik China yang berada di galangan kapal di Huludao, Provinsi Liaoning, China Utara.

Kapal selam nuklir dengan sistem propulsi siluman ini dilengkapi dengan tabung peluncuran rudal jelajah. Foto satelit tersebut diambil pada 3 Mei 2022.

Kapal selam yang terlihat satelit ini tampaknya berukuran panjang 110 meter Tipe 093. Tipe 093 ini dikenal sebagai kelas Shang.

2. Rusia (70 Kapal Selam)

Rusia menempati posisi kedua dengan kepemilikan 70 kapal selam. Rusia terus mengembangkan persenjataan militer, tak terkecuali pengembangan kapal selam.



Salah satu hasil ciptaan Rusia yang menarik adalah Belgorod K-329. Belgorod K-329 ini adalah kapal selam yang mempunyai julukan Kapal Selam Kiamat.

Angkatan Laut Rusia menerima kapal tersebut di galangan kapal Sevmash di Severodvinsk pada 8 Juli 2022. Belgorod K-329 dianggap sebagai kapal selam terbesar di dunia.

Kapal selam ini merupakan kapal selam bertenaga nuklir kelas project 949A Antei. Kode NATO-nya adalah Oscar II.

Belgorod K-329 mampu melakukan ekspedisi ilmiah maupun operasi penyelamatan di daerah terpencil di lautan.

3. Amerika Serikat (68 Kapal Selam)

Amerika Serikat mempunyai 68 kapal selam. Kapal selam di Amerika Serikat telah berkembang pesat sejak Perang Dunia II. Salah satu kapal selam nuklir pertama Amerika Serikat adalah USS Nautilus.

5 Negara dengan Kapal Selam Terbanyak di Dunia, 3 Ada di Asia


Diketahui, USS Nautilus adalah kapal selam nuklir pertama Amerika Serikat pertama yang berlayar di bawah lapisan es Kutub Utara pada 1958.

Misi tersebut adalah guna membuka dunia baru untuk dijelajahi para ilmuwan. USS Nautilus mempunyai panjang 97 meter serta dapat menampung 116 awak.

4. Korea Utara (35 Kapal Selam)

Negara yang dipimpin oleh Kim Jong-un, Korea Utara, mempunyai 35 kapal selam. Armada kapal selam Angkatan Laut Rakyat Korea Utara di antaranya adalah kapal selam cebol kelas Yono yang dirancang Iran, kapal selam kelas Whiskey Soviet, dan kapal selam kelas Romea China.

5 Negara dengan Kapal Selam Terbanyak di Dunia, 3 Ada di Asia


Pada Oktober 2021, Korea Utara melakukan uji tembak rudal balistik baru dari kapal selam. Rudal tersebut diluncurkan dari laut sekitar Sinpo, tempat menyimpan kapal selam serta peralatan untuk uji tembak SLBM (rudal balistik kapal selam).

SLBM tipe baru diluncurkan dari kapal selam yang sama terlibat pada uji coba SLBM pada 2016.

Diketahui, Korea Utara mempunyai armada besar kapal selam tua. Namun belum mengeluarkan kapal selam rudal balistik operasional di luar kapal eksperimental kelas Gorae.

5. Korea Selatan (22 Kapal Selam)

Negara yang dikenal dengan Kpop-nya ini mempunyai 22 kapal selam. Pada September 2021, Korea Selatan berhasil melakukan uji coba peluncuran misil balistik kapal selam.

5 Negara dengan Kapal Selam Terbanyak di Dunia, 3 Ada di Asia


Kantor Kepresidenan Korea Selatan mengungkapkan, sebuah misil ditembakkan di bawah air dari kapal selam Ahn Chang Ho.

Ahn Chang Ho adalah kapal selam seberat 3.000 ton yang bertenaga diesel. Nama kapal dipilih sesuai dengan nama aktivis kemerdekaan Korea Selatan yang dihormati.
(sya)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.0963 seconds (10.101#12.26)