Waswas dicaplok Rusia, NATO perkuat Eropa timur

Selasa, 01 April 2014 - 14:08 WIB
Waswas dicaplok Rusia, NATO perkuat Eropa timur
Waswas dicaplok Rusia, NATO perkuat Eropa timur
A A A
Sindonews.com - North Atlantic Treaty Organization (NATO) atau Pakta Pertahanan Atlantik Utara pada Selasa (1/4/2014) memutuskan langkah-langkah baru untuk memperkuat negara-negara Eropa timur.

Tujuannya, agar negara-negara tersebut tidak bernasib seperti Crimea yang menurut NATO telah dicaplok Rusia.

Para diplomat mengatakan 28 menteri luar negeri anggota NATO kompak untuk memulai latihan militer dan mengirim lebih banyak pasukan NATO ke negara-negara Eropa Timur.

Para menteri luar negeri tersebut bertemu di Brussels untuk pertama kalinya, sejak militer Rusia dikerahkan di perbatasan Ukraina dan Crimea memilih bergabung ke Rusia. Mereka menyebut, kejadian itu sebagai krisis terburuk di Eropa sejak Perang Dingin.

Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk NATO, Douglas Lute mengatakan para menteri, termasuk Menteri Luar Negeri AS, John Kerry , akan membahas langkah-langkah lebih lanjut untuk meyakinkan sekutu AS di Eropa timur.

”Mereka akan berbicara tentang apa lagi yang bisa dilakukan untuk memperkuat langkah-langkah yang telah diambil (dalam melindungi Eropa timur),” kata Lute dalam konferensi pers, seperti dikutip Reuters.

Sementara itu, Kementerian Pertahanan Rusia menyatakan, perintah penarikan sejumlah pasukan Kremlin dari perbatasan Ukraina telah dikeluarkan. Pasukan yang ditarik kini sedang menuju markas militer Samara, Rusia untuk merampungkan pelatihan.

Presiden Rusia, Vladimir Putin, mengatakan kepada Kanselir Jerman, Angela Merkel, bahwa ia telah memerintahkan penarikan sebagian pasukan Rusia dari wilayah itu. ”Dalam beberapa hari terakhir, pasukan Rusia telah secara bertahap menarik diri dari perbatasan,” kata Oleksiy Dmytrashkivskiy, juru bicara Kementerian Pertahanan Ukraina.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4419 seconds (0.1#10.140)