12 WNI Korban Penipuan Perusahaan Online Scam di Kamboja Tiba di Tanah Air

Jum'at, 05 Agustus 2022 - 21:32 WIB
loading...
12 WNI Korban Penipuan Perusahaan Online Scam di Kamboja Tiba di Tanah Air
12 WNI korban penipuan perusahaan online scam di Kamboja tiba di Tanah Air. Foto/Dok.Kemlu
A A A
JAKARTA - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) dan KBRI Phnom Penh telah memulai proses pemulangan para warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi korban penipuan perusahaan online scam.

"Pada tahap pertama, sebanyak 12 orang telah tiba dengan selamat di Bandara Soekarno Hatta pada Jumat (5/8/2022) malam dengan menumpang pesawat Garuda," kata Kemlu dalam keterangan tertulisnya.

Menurut Kemlu, selama berada di Phnom Penh, para korban ditampung sementara di tempat yang disediakan oleh KBRI, sambil dilakukan asesmen awal guna mengetahui kondisi fisik dan psikologis para korban, serta informasi lainnya yang dapat dimanfaatkan bagi kepentingan penanganan rehabilitasi korban dan penegakkan hukum bagi perekrut.



"Ke-12 orang tersebut akan diinapkan di Rumah Perlindungan dan Trauma Center (RPTC) Kementerian Sosial RI guna penanganan selanjutnya. Kementerian Luar Negeri juga berkoordinasi dengan Kepolisian RI untuk mendalami kasus ini, termasuk dugaan Tindak Pidana Perdagangan Orang," kata Kemlu.

Menurut Kemlu, paska rehabilitasi di RPTC, ke-12 WNI tersebut akan dipulangkan ke daerah asal masing.

"Ke-12 orang tersebut berasal dari Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Kepri, Jawa Timur, dan Sulawesi Selatan," kata Kemlu.



"Pemulangan tahap selanjutnya akan dilaksanakan segera dalam beberapa hari ke depan menyesuaikan ketersediaan penerbangan," demikian pernyataan Kemlu.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1889 seconds (0.1#10.140)