3 Negara di Dunia yang Tidak Diakui Keberadaannya oleh China

Jum'at, 05 Agustus 2022 - 18:48 WIB
loading...
3 Negara di Dunia yang Tidak Diakui Keberadaannya oleh China
3 negara di dunia yang tidak diakui keberadaannya oleh China. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada tiga negara di dunia yang tidak diakui keberadaannya oleh China . Sebagai salah satu negara maju di dunia, China memiliki peran penting dalam berbagai bidang dengan negara-negara di dunia.

Hanya saja, tidak semua negara yang mendeklarasikan diri mendapat pengakuan dari China. Selain tidak mengakuinya, tentu saja Beijing tidak memiliki hubungan apapun dengan negara tersebut, termasuk hubungan diplomatik, ekonomi, dan lainnya.

Berikut beberapa negara di dunia yang tidak diakui oleh China.

1. Kosovo

Republik Kosovo merupakan salah satu negara yang berada di wilayah Balkan. Dalam sejarahnya, negara ini mendeklarasikan kemerdekaannya secara sepihak dari Serbia, tepatnya pada 17 Februari 2008.

Dikutip dari Ecfr, China tidak mengakui keberadaan Kosovo dan tidak memiliki hubungan diplomatik resmi juga. Penyebabnya adalah Serbia sendiri menjadi sekutu utama Beijing di Balkan Barat. Selain itu, pemerintah Kosovo juga dianggap terlalu Pro AS dan negara Barat.

Baca juga: 4 Negara yang Tidak Mengakui Kosovo, Nomor Terakhir Negeri Mayoritas Muslim

2. Transnistria

Transnistria merupakan sebuah negara yang berdiri dengan cara memisahkan diri sepihak dari Moldova. Ibukota dan kota terbesarnya adalah Tiraspol. Negara yang berbatasan dengan Ukraina ini mendeklarasikan kemerdekaan pada 1990.

Sama halnya dengan Taiwan dan Kosovo, China juga tidak mengakui keberadaan Transnistria. Sebenarnya bukan hanya China, karena tercatat hanya ada tiga negara yang mengakui Transnistria. Mereka adalah Abkhazia, Republik Artsakh, dan Ossetia Selatan.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1166 seconds (10.101#12.26)