Memanas! 20 Jet Tempur dan 10 Kapal AL China Lintasi Garis Tengah Selat Taiwan

Jum'at, 05 Agustus 2022 - 16:55 WIB
loading...
Memanas! 20 Jet Tempur dan 10 Kapal AL China Lintasi Garis Tengah Selat Taiwan
20 jet tempur dan 10 kapal AL China lintasi garis tengah Selat Taiwan. Foto/Ilustrasi
A A A
TAIPEI - Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan beberapa kapal dan jet tempur China telah melintasi garis tengah Selat Taiwan untuk hari kedua berturut-turut.

"Sekitar 10 kapal angkatan laut China dan 20 pesawat militer secara singkat melintasi garis tengah Selat Taiwan pada Jumat pagi," kata sebuah sumber di Taiwan yang mengetahui masalah dan menolak disebutkan namanya karena sensitifitas masalah tersebut. tersebut kepada Reuters seperti dikutip dari US News, Jumat (5/8/2022).

Sumber tersebut mengungkapkan sekitar 10 kapal angkatan laut China melintasi garis median dan tetap berada di daerah tersebut pada Jumat pagi, dan sekitar 20 pesawat militer China secara singkat melintasi garis median.

Sebelumnya, kementerian pertahanan Taiwan mengatakan militer pulau itu telah mengirim pesawat dan kapal serta mengerahkan sistem rudal berbasis darat untuk memantau situasi di sana, saat China melakukan latihan militer skala besar di zona sekitar Taiwan.

China telah mengumumkan latihan militer selama empat hari latihan militer di enam zona yang ditentukan di sekitar Taiwan. Itu dilakukan pasca kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi.

Pada hari Kamis, China menembakkan setidaknya 11 rudal ke perairan dekat pantai Taiwan. Setidaknya empat dari rudal itu terbang ke Taiwan, menurut pejabat pertahanan Jepang, dalam apa yang oleh banyak analis pertahanan digambarkan sebagai provokasi yang belum pernah terjadi sebelumnya.



Sementara itu lima dari rudal balistik China mendarat di zona ekonomi eksklusif (ZEE) Jepang, memicu kecaman keras oleh Tokyo.

"Perilaku China memiliki dampak serius pada perdamaian dan stabilitas kawasan dan juga dunia," kata Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida pada Jumat setelah bertemu dengan Pelosi, yang delegasi kongresnya berada di Tokyo pada perhentian terakhir dari tur Asia seperti dikutip dari VOA.



China sangat marah atas kunjungan Pelosi, yang dimaksudkan untuk mengekspresikan solidaritas dengan Taiwan, sebuah pulau demokratis berpenduduk sekitar 24 juta orang.

Meskipun tidak pernah menguasai Taiwan, Partai Komunis China menegaskan pulau itu adalah provinsi China, dan telah bersumpah untuk mengambilnya, dengan paksa, jika perlu.

Di China, beberapa media yang dikendalikan negara telah menggolongkan latihan tersebut sebagai latihan untuk invasi dan demonstrasi bahwa Beijing dapat memberlakukan blokade di pulau itu. Analis sedang menunggu untuk melihat berapa lama latihan China akan berlangsung, dan apakah Beijing akan melanjutkan provokasi seperti itu dalam beberapa minggu dan bulan mendatang.

Banyak yang bergantung pada respons militer AS, yang mempertahankan kehadiran reguler di wilayah tersebut. Pada hari Kamis, para pejabat AS mengatakan kelompok tempur kapal induk yang dipimpin oleh USS Ronald Reagan akan tetap berada di sekitar untuk "memantau situasi."



"Militer AS juga akan melakukan transit udara dan laut standar melalui Selat Taiwan dalam beberapa minggu ke depan," kata John Kirby, koordinator komunikasi strategis di Dewan Keamanan Nasional.

Namun, untuk mengurangi ketegangan, Kirby mengatakan AS menunda uji coba rudal balistik antarbenua Minuteman III Angkatan Udara yang telah lama direncanakan.

Dalam pidato video Kamis, Presiden Taiwan Tsai Ing-wen menegaskan pasukan Taiwan untuk tetap tenang dan tidak akan bertindak tergesa-gesa.

“Kami rasional dan tidak akan bertindak untuk memprovokasi. Tapi kami sama sekali tidak akan mundur,” tegas Tsai.

Aktivitas militer China, katanya, melanggar kedaulatan Taiwan dan mengancam fungsi normal perdagangan internasional di salah satu koridor transportasi tersibuk di dunia.

Beberapa penerbangan komersial ke Taiwan terus terganggu karena latihan militer China. Maskapai di Korea Selatan dan Singapura telah membatalkan atau mengubah rute penerbangan, media lokal di kedua negara melaporkan.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1064 seconds (0.1#10.140)