AS Nyatakan Wabah Cacar Monyet Darurat Kesehatan Masyarakat

Jum'at, 05 Agustus 2022 - 04:49 WIB
loading...
AS Nyatakan Wabah Cacar Monyet Darurat Kesehatan Masyarakat
AS Nyatakan Wabah Cacar Monyet Darurat Kesehatan Masyarakat. FOTO/Reuters
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) telah menyatakan cacar monyet sebagai darurat kesehatan masyarakat, kata Menteri Kesehatan AS, Kamis (4/8/2022). Ini adalah sebuah langkah yang diharapkan dapat membebaskan dana dan alat tambahan untuk memerangi penyakit itu.

Deklarasi itu muncul ketika jumlah kasus melampaui 6.600 di AS. Hampir semuanya di antara pria yang berhubungan seks dengan pria.

Baca: Cacar Monyet Mewabah di Singapura, KKP Batam Perketat Pintu Masuk Internasional

“Kami siap untuk mengambil tanggapan kami ke tingkat berikutnya dalam mengatasi virus ini, dan kami mendesak setiap orang Amerika untuk menganggap cacar monyet dengan serius,” kata Sekretaris Layanan Kesehatan dan Kemanusiaan, Xavier Becerra, seperti dikutip dari Reuters.

Deklarasi tersebut juga akan membantu meningkatkan ketersediaan data cacar monyet, kata Direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS Rochelle Walensky, berbicara bersama Bacerra.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga menjuluki cacar monyet sebagai "darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional," tingkat kewaspadaan tertinggi. Deklarasi WHO bulan lalu dirancang untuk memicu respons internasional yang terkoordinasi dan dapat membuka pendanaan untuk berkolaborasi dalam vaksin dan perawatan.

Awal bulan ini, Presiden AS Joe Biden menunjuk dua pejabat tinggi federal untuk mengoordinasikan tanggapan pemerintahannya terhadap cacar monyet, menyusul deklarasi keadaan darurat oleh California, Illinois, dan New York.

Baca: Susul New York, California Umumkan Darurat Wabah Cacar Monyet

Anthony Fauci, kepala penasihat medis Biden, mengatakan kepada Reuters pada hari Kamis, bahwa sangat penting untuk melibatkan para pemimpin dari komunitas gay sebagai bagian dari upaya untuk mengendalikan wabah, tetapi memperingatkan agar tidak menstigmatisasi gaya hidup.

“Pelibatan masyarakat selalu terbukti berhasil,” kata Fauci. Tidak seperti ketika COVID-19 muncul, sudah ada vaksin dan perawatan yang tersedia untuk cacar monyet, yang pertama kali didokumentasikan di Afrika pada 1970-an.

Pemerintah AS telah mendistribusikan 156.000 dosis vaksin cacar monyet secara nasional hingga pertengahan Juli. Mereka telah memesan tambahan 2,5 juta dosis vaksin Bavarian Nordic. Kasus cacar monyet pertama di AS dikonfirmasi di Massachusetts pada Mei, diikuti oleh kasus lain di California lima hari kemudian.

(esn)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1133 seconds (10.55#12.26)