Memanas, Dua Kapal Induk China Keluar dari Sarangnya, Diduga Mengitari Taiwan

Rabu, 03 Agustus 2022 - 11:54 WIB
loading...
A A A
Kegiatan kedua kapal induk itu terjadi pada saat media luar negeri melaporkan Pelosi mendarat di Taiwan pada Selasa malam.



Para ahli dan analis mengatakan PLA dapat mengirim pesawat tempur dan kapal perang untuk mengawal, mencegat, dan mengusir penerbangan Pelosi jika memang berusaha mendarat di Taiwan.

Menurut situs berita US Naval Institute, USNI News, armada penyerang kapal induk Angkatan Laut AS USS Ronald Reagan telah berlayar di dekat sisi tenggara Taiwan di Laut Filipina.

Menurut para analis kapal induk AS itu dapat memberikan pengawalan bagi penerbangan Pelosi.

Media lokal di pulau Taiwan mengatakan Liaoning bisa menuju selatan dan Shandong bisa menuju utara, mengelilingi pulau Taiwan dari kedua arah untuk menghalangi Pelosi.



Masih belum diketahui apakah pergerakan kapal induk Angkatan Laut PLA terkait dengan Pelosi.

“Mirip dengan bagaimana Angkatan Laut AS menggunakan kapal induknya untuk menunjukkan pencegahan, kapal induk Angkatan Laut PLA juga dapat melayani tujuan itu,” ungkap seorang pakar militer China daratan yang meminta anonimitas kepada Global Times, Selasa.

“Kapal induk China dibangun untuk menjaga kedaulatan, integritas teritorial dan kepentingan nasional, dan mereka akan dengan tegas menjalankan misi mereka ketika tugas memanggil,” tegas pakar itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1443 seconds (0.1#10.140)