Protes Keras Kunjungan Pelosi ke Taiwan, China Panggil Duta Besar AS

Rabu, 03 Agustus 2022 - 09:48 WIB
loading...
Protes Keras Kunjungan Pelosi ke Taiwan, China Panggil Duta Besar AS
Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk China Nicholas Burns. Foto/vcg
A A A
BEIJING - China memanggil Duta Besar Amerika Serikat (AS) di Beijing Nicholas Burns pada Selasa (2/8/2022) untuk menegurnya atas perjalanan "mengerikan" Ketua DPR Nancy Pelosi ke Taiwan.

Wakil Menteri Luar Negeri China Xie Feng menyuarakan “protes keras” atas kunjungan Pelosi ke pulau demokratis yang memiliki pemerintahan sendiri itu saat bertemu Duta Besar Nicholas Burns.

Taiwan dianggap China sebagai bagian dari wilayahnya. "Langkah ini sangat mengerikan dan konsekuensinya sangat serius," ujar Xie seperti dikutip kantor berita pemerintah China Xinhua.

“China tidak akan tinggal diam,” tegas Xie.



Perjalanan Pelosi, pejabat AS terpilih dengan profil tertinggi untuk mengunjungi Taiwan dalam 25 tahun, membuat ketegangan melonjak antara dua ekonomi terbesar dunia.

Beijing menganggap kunjungan itu sebagai provokasi besar. Adapun AS juga menuding China memprovokasi dengan ancaman militer.

Xie mengatakan, “Amerika Serikat akan membayar harga untuk kesalahannya sendiri."



“Dia mendesak Washington untuk segera mengatasi kesalahannya, mengambil langkah-langkah praktis untuk membatalkan efek buruk yang disebabkan oleh kunjungan Pelosi ke Taiwan," ungkap laporan kantor berita Xinhua.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1223 seconds (0.1#10.140)