Gedung Putih: Pelosi Berhak Berkunjung ke Taiwan

Selasa, 02 Agustus 2022 - 06:05 WIB
loading...
Gedung Putih: Pelosi Berhak Berkunjung ke Taiwan
Gedung Putih: Pelosi Berhak Berkunjung ke Taiwan. FOTO/Reuters
A A A
WASHINGTON - Gedung Putih mengatakan pada Senin (1/8/2022), bahwa pihaknya memperkirakan China dalam beberapa hari mendatang akan meningkatkan tanggapannya terhadap kemungkinan kunjungan Ketua DPR Amerika Serikar (AS), Nancy Pelosi ke Taiwan. Gedung Putih menegaskan, AS tidak akan terintimidasi.

“Tindakan China dapat mencakup penembakan rudal di dekat Taiwan, kegiatan udara atau Angkatan Laut skala besar. Atau, "klaim hukum palsu" lebih lanjut seperti pernyataan Beijing bahwa Selat Taiwan bukan jalur air internasional,” jelas juru bicara Keamanan Nasional Gedung Putih, John Kirby, seperti dikutip dari Reuters.



"Kami tidak akan mengambil umpan atau terlibat dalam derak pedang. Pada saat yang sama, kami tidak akan terintimidasi," lanjutnya.

Pelosi memiliki hak untuk mengunjungi Taiwan, sebut pernyataan Gedung Putih, seraya menambahkan bahwa China tampaknya siap untuk menanggapi, mungkin dengan provokasi militer.

Pelosi akan mengunjungi Taiwan pada Selasa (2/8/2022), tiga orang yang diberi pengarahan tentang masalah itu mengatakan. Kepastian ini muncul ketika China memperingatkan bahwa militernya tidak akan pernah "duduk diam" jika Pelosi mengunjungi pulau yang memiliki pemerintahan sendiri yang diklaim oleh Beijing.



Kirby mengatakan, bahwa tidak ada kemungkinan perjalanan Pelosi yang mengubah kebijakan AS terhadap Taiwan, dan bahwa Beijing sangat menyadari pembagian kekuasaan dalam pemerintah AS yang berarti Pelosi akan membuat keputusannya sendiri tentang kunjungan tersebut.

"Pembicara memiliki hak untuk mengunjungi Taiwan, dan seorang ketua DPR telah mengunjungi Taiwan sebelumnya, tanpa insiden, seperti halnya banyak anggota Kongres, termasuk tahun ini," kata Kirby.

"Tidak ada alasan bagi Beijing untuk mengubah kunjungan potensial yang konsisten dengan kebijakan lama AS menjadi semacam krisis atau konflik, atau menggunakannya sebagai dalih untuk meningkatkan aktivitas militer agresif di atau sekitar Selat Taiwan," katanya.



Kirby juga mengatakan, China tampaknya memposisikan dirinya untuk berpotensi mengambil langkah lebih lanjut dalam beberapa hari mendatang sebagai tanggapan atas kemungkinan kunjungan itu, yang belum dikonfirmasi oleh Pelosi.

Terlepas dari kekhawatiran bahwa ketegangan yang meningkat dapat menyebabkan kesalahan perhitungan atau kecelakaan selama kunjungan semacam itu, Kirby mengatakan, pemerintah AS memiliki tanggung jawab untuk memastikan bahwa Pelosi dapat melakukan perjalanan "dengan aman dan selamat". "Saya dapat meyakinkan Anda bahwa dia akan melakukannya," kata Kirby.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1515 seconds (0.1#10.140)