Pelosi Pimpin Delegasi Kongres Melawat ke Kawasan Indo Pasifik, Indonesia Termasuk?

Minggu, 31 Juli 2022 - 13:46 WIB
loading...
Pelosi Pimpin Delegasi Kongres Melawat ke Kawasan Indo Pasifik, Indonesia Termasuk?
Ketua DPR AS Nancy Pelosi pimpin delegasi Kongres melawant ke Kawasan Indo Pasifik. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Ketua DPR Amerika Serikat (AS), Nancy Pelosi , akan memimpin delegasi Kongres ke kawasan Indo Pasifik di tengah laporan ia akan menyambangi Taiwan .

Dalam sebuah pernyataan, perjalanan itu akan fokus pada keamanan bersama, kemitraan ekonomi, dan pemerintahan demokratis di kawasan Indo-Pasifik.

“Hari ini, delegasi Kongres kami melakukan perjalanan ke Indo-Pasifik untuk menegaskan kembali komitmen kuat dan tak tergoyahkan Amerika kepada sekutu dan teman kami di kawasan ini,” kata Ketua Nancy Pelosi.



“Di Singapura, Malaysia, Korea Selatan, dan Jepang, delegasi kami akan mengadakan pertemuan tingkat tinggi untuk membahas bagaimana kami dapat lebih memajukan kepentingan dan nilai bersama kami, termasuk perdamaian dan keamanan, pertumbuhan ekonomi dan perdagangan, pandemi COVID-19, iklim. krisis, hak asasi manusia dan pemerintahan yang demokratis," paparnya.

"Di bawah kepemimpinan kuat Presiden Biden, Amerika berkomitmen kuat untuk keterlibatan strategis yang cerdas di kawasan ini, memahami bahwa Indo-Pasifik yang bebas dan berkembang sangat penting untuk kemakmuran di negara kita dan di seluruh dunia,” katanya dalam pernyataan itu seperti dikutip dari speaker.gov, Minggu (31/7/2022).

Rombongan delegasi Kongres AS itu kemudian akan singgah ke Hawaii, untuk melakukan kunjungan ke Komando Pasifik AS dan memberikan penghormatan di Pearl Harbor Memorial dan USS Arizona.

“Merupakan hak istimewa saya sebagai Pembicara untuk memimpin kelompok Anggota yang terhormat ini, yang mencakup Ketua Komite dan Subkomite yurisdiksi dan juara kemitraan AS-Asia Pasifik yang kuat,” kata Pelosi.



“Kami menantikan pertemuan produktif yang akan terus menginformasikan pekerjaan Kongres untuk memajukan nilai-nilai dan kepentingan kami dan memperkuat kemitraan kami di kawasan ini,” demikian pernyataan itu.

Pernyataan tersebut tidak menyebut soal kemungkinan kunjungan ke Taiwan. Seperti diketahui, beberapa hari terakhir, muncul laporan jika Pelosi akan mengunjungi Taiwan.

Kabar ini sontak mendapat perhatian dari China yang menganggap pulau itu adalah bagian dari wilayahnya. China bahkan sampai mengancam akan merespons secara militer jika kunjungan itu terjadi.



(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1768 seconds (0.1#10.140)