Beranikah China Tembak Jatuh Pesawat Ketua DPR AS Jika Kunjungi Taiwan?

Sabtu, 30 Juli 2022 - 15:58 WIB
loading...
Beranikah China Tembak Jatuh Pesawat Ketua DPR AS Jika Kunjungi Taiwan?
Ketua DPR Amerika Serikat Nancy Pelosi berencana mengunjungi Taiwan. China mengancam akan memberi respons militer jika kunjungan itu benar-benar terjadi. Foto/REUTERS
A A A
TAIPEI - China telah mengancam akan merespons secara militer jika Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi mengunjungi Taiwan . Ancaman itu membuat para pejabat Washington khawatir Beijing akan nekat menembak jatuh pesawat yang ditumpangi Pelosi.

Ancaman militer China pertama kali dilaporkan Financial Times pada hari Minggu lalu, mengutup beberapa sumber yang mengetahui masalah tersebut.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) China Zhao Lijian pada Selasa lalu mengatakan perjalanan Pelosi ke Taiwan, jika benar-benar terjadi, akan berdampak besar pada hubungan AS-China.

Zhao tidak membenarkan atau pun menyangkal soal ancaman militer China seperti yang dilaporkan Financial Times.



“Jika AS bersikeras mengambil jalan yang salah, China akan mengambil langkah tegas dan kuat untuk menjaga kedaulatan dan integritas teritorialnya. Semua konsekuensi berikutnya akan ditanggung oleh pihak AS,” ujar Zhao.

Kunjungan Pelosi ke Taiwan belum dipastikan. Namun, Pentagon telah mengindikasikan sedang bersiap untuk melindunginya, memerintahkan kelompok tempur kapal induk ke perairan yang diperebutkan di sekitar Taiwan.

Jika kunjungan itu terjadi, Pelosi akan menjadi Ketua DPR pertama AS yang berkunjung sejak Newt Gingrich pada 1997.

Taiwan telah memerintah sendiri secara demokratis setelah berakhirnya perang saudara China di masa lalu. Namun, Beijing masih menganggap pulau itu bagian dari China dan siap menggunakan kekuatan militer untuk menundukannya.

Presiden China Xi Jinping telah menyampaikan peringatan keras kepada Presiden AS Joe Biden saat berbincang soal Taiwan via telepon.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1926 seconds (0.1#10.140)