Hari Ini, Kakbah Diselimuti Kiswah Baru, Kain Lapis Emas Termahal di Dunia

Sabtu, 30 Juli 2022 - 15:17 WIB
loading...
Hari Ini, Kakbah Diselimuti Kiswah Baru, Kain Lapis Emas Termahal di Dunia
Kakbah, situs suci umat Islam di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi, diselimuti Kiswah baru seharga Rp79 miliar, pada Sabtu (30/7/2022). Foto/SPA
A A A
MAKKAH - Kakbah , situs suci di Makkah, Arab Saudi , yang menjadi kiblat salat umat Islam seluruh dunia, diselimuti Kiswah (kain penutup) baru pada hari ini (30/7/2022). Pembuatan kain penutup berlapis emas ini memakan biaya SR20 juta (Rp79,3 miliar) dan dianggap sebagai kain termahal di dunia.

Saudi Press Agency (SPA) melaporkan Kiswah telah dipasang pada Kakbah oleh para pejabat Arab Saudi.

Kakbah, bangunan yang berbentuk kubus pada awalnya dibangun oleh Nabi Ibrahim dan putranya; Nabi Ismail, di pusat Masjidil Haram di Makkah.

Umat Islam menghadap kiblat atau arah Kakbah, yang dianggap sebagai "rumah Tuhan", saat menunaikan salat di mana pun di dunia.



Setiap tahun, penjaga pintu Kakbah melaksanakan tugas mengganti kain hitam yang menutupi bangunan suci tersebut.

Penggantian Kiswah Kakbah dilakukan oleh tim yang dipilih dari Kompleks Raja Abdulaziz untuk Kiswah Kakbah Suci, saat tim mulai membongkar Kiswah lama dengan yang baru.

Kiswah baru terdiri dari empat sisi terpisah dan tirai pintu.

Pembuatan Kiswah membutuhkan sekitar 850 kg sutra mentah, yang diwarnai hitam di dalam kompleks, 120 kg kawat emas, dan 100 kawat perak.

Tahun ini, sekitar 200 perajin Arab Saudi terlibat dalam memproduksi tirai hitam di Kompleks Raja Abdulaziz untuk Kiswah Kakbah Suci.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1113 seconds (0.1#10.140)