HMS Al-Diriyah Avanti 2200, Kapal Perang Terbaru AL Arab Saudi

Rabu, 27 Juli 2022 - 19:31 WIB
loading...
HMS Al-Diriyah Avanti 2200, Kapal Perang Terbaru AL Arab Saudi
HMS Al-Diriyah Avanti 2200, Kapal Perang Terbaru AL Arab Saudi. FOTO/Ministry of Defense
A A A
RIYADH - Angkatan Laut Kerajaan Saudi telah meluncurkan armada terbarunya pada sebuah upacara di San Fernando, Spanyol. Beberapa pejabat tinggi dari kedua negara yang hadir, Kementerian Pertahanan Kerajaan Saudi mengumumkan, Selasa (26/7/2022).

Korvet HMS Al-Diriyah Avanti 2200 adalah kapal kedua, setelah HMS Jubail, yang akan diluncurkan dalam empat bulan. Proyek manufaktur Sarawat bersama Kerajaan akan memproduksi tiga kapal lagi untuk ditambahkan ke armada.



Selama upacara peresmian, Komandan RSNF Letnan Jenderal Fahd Al-Ghufaili mengibarkan bendera Saudi di HMS Al-Diriyah. Ini menandai masuk resminya ke dalam layanan Angkatan Laut Arab Saudi.

“Proyek Sarawat akan memastikan angkatan laut siap tempur, dan mampu memperkuat keamanan maritim negara, dan melindungi kepentingan strategis vitalnya di kawasan itu,” kata Al-Ghufaili, seperti dikutip dari Arab News, Rabu (27/7/2022).

Al-Ghufaili mengatakan, proyek itu merupakan bagian penting dari rencana Kerajaan untuk mengembangkan industri militer lokal negara itu dengan teknologi terbaru. Dia memuji pemerintah yang mendukung inisiatif ini.



Sementara Walid Abukhaled, CEO Industri Militer Arab Saudi, mengatakan, peluncuran HMS Al-Diriyah merupakan dorongan lebih lanjut untuk sistem pertahanan nasional negara itu.

“Lima kapal RSNF yang merupakan bagian dari proyek Sarawat akan dilengkapi dengan sistem manajemen tempur Angkatan Laut Saudi pertama yang disebut HAZEM. Ini merupakan indikasi kemajuan yang dibuat dalam mengembangkan sistem canggih seperti itu secara lokal, dan memelihara bakat lokal untuk mencapai prestasi ini,” jelasnya.

Abukhaled mengatakan, perjanjian Kerajaan dengan perusahaan Spanyol Navantia akan memastikan transfer teknologi yang sangat dibutuhkan untuk meningkatkan sektor manufaktur pertahanan negara.



Proyek Sarawat adalah usaha patungan antara SAMI dan Navantia untuk membangun lima Avanti 2200 Corvette untuk RSNF. Ini merupakan bagian dari visi Kerajaan untuk melokalisasi 50 persen industri militer pada tahun 2030.

Kapal-kapal tersebut memiliki sistem tempur terbaru untuk menghadapi ancaman udara, permukaan dan bawah air. Proyek ini mencakup pelatihan untuk kru, dan dukungan teknis dan logistik jangka panjang.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1191 seconds (0.1#10.140)