Gempa Magnitudo 7,1 Guncang Filipina, Presiden Marcos Jr: Segera Kirim Bantuan

Rabu, 27 Juli 2022 - 17:19 WIB
loading...
Gempa Magnitudo 7,1 Guncang Filipina, Presiden Marcos Jr: Segera Kirim Bantuan
Gempa Magnitudo 7,1 Guncang Filipina, Presiden Marcos Jr: Segera Kirim Bantuan. FOTO/Reuters
A A A
MANILA - Gempa bumi berkekuatan 7,1 skala Richter melanda pulau Luzon di Filipina pada Rabu (27/7/2022), kata Survei Geologi Amerika Serikat. Gempa dilaporkan merusak sebuah rumah sakit dan bangunan di provinsi utara dan mengirimkan getaran kuat ke ibu kota, Manila.

Presiden baru Filipina, Ferdinand Marcos Jr langsung memerintahkan penanganan bencana di lokasi. “Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr telah memerintahkan pengiriman segera tim penyelamat dan bantuan ke provinsi Abra yang terkena dampak gempa,” kata sekretaris persnya, Trixie Cruz-Angeles.

Baca: Gempa Bermagnitudo 4.6 Guncang Boalemo Gorontalo

“Marcos juga akan terbang ke Abra, pusat gempa berkekuatan 7,1 SR,” lanjut Cruz-Angeles, seperti dikutip dari Reuters. Gempa melanda sekitar 11 km tenggara kota Dolores dan pada kedalaman dangkal 10 km (6 mil).

Kantor berita AP melaporkan sedikitnya empat orang tewas sebagian besar dalam struktur yang runtuh, termasuk seorang warga desa yang tertimpa lempengan semen yang jatuh di rumahnya di Abra, di mana sedikitnya 25 lainnya terluka.

Di provinsi Benguet, seorang pekerja terjepit hingga tewas setelah sebuah bangunan kecil yang sedang dibangun runtuh di kota pegunungan La Trinidad yang ditanami stroberi.

Sebuah rumah sakit di provinsi Abra dievakuasi setelah sebagian bangunan runtuh setelah gempa, tetapi tidak ada korban yang dilaporkan, kata para pejabat.

Baca: Agama Warga Negara Filipina dan Persentasenya

Gubernur Abra Joy Bernos memposting foto rumah sakit provinsi Abra yang rusak di akun Facebook-nya yang menunjukkan lubang menganga di fasad pintu masuk depan. Foto-foto lain menunjukkan tempat tidur rumah sakit, termasuk satu dengan pasien, didorong ke seberang jalan dan mengevakuasi staf rumah sakit.

“Kami masih mengalami gempa susulan. Kami telah menerima laporan kerusakan rumah. Tapi sejauh ini tidak ada korban jiwa,” kata Walikota Rovelyn Villamor di kota Lagangilang di provinsi Abra.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1238 seconds (10.55#12.26)