Dubes Ukraina: Penting Bagi Kami Menjadi Anggota UE dan NATO

Minggu, 28 Juni 2020 - 10:58 WIB
loading...
Dubes Ukraina: Penting Bagi Kami Menjadi Anggota UE dan NATO
Duta Besar Ukraina untuk Indonesia, Volodymyr Pakhil menuturkan, penting bagi Ukraina untuk menjadi anggota Uni Eropa (UE) dan NATO. Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - Duta Besar Ukraina untuk Indonesia, Volodymyr Pakhil menuturkan, penting bagi Ukraina untuk menjadi anggota Uni Eropa (UE) dan NATO. Hal itu disampaikan Pakhil dalam pernyataan saat peringatan Hari Konstitusi Ukraina.

Pakhil menuturkan, 24 tahun yang lalu, Verkhovna Rada Ukraina mengadopsi Dasar Hukum, Konstitusi pertama negara Ukraina modern. Dengan diadopsinya dokumen tersebut, jelas Pakhil, fondasi hukum Ukraina yang merdeka, kedaulatan, serta integritas teritorialnya dibangun. Menurutnya, Konstitusi tersebut merefleksikan pengalaman historis dan tradisi rakyat Ukraina.

Sejalan dengan Konstitusi Ukraina, ucap Pakil, Ukraina terus membangun negara demokrasi baru di mana warga negara menghormati dan menghargai hukum, mengingat hak dan tanggung jawab mereka. "Oleh karena itu, kami tidak perlu menyimpang dari jalan yang benar selama proses perubahan dan kesadaran diri sepenuhnya dari negara," ucapnya.

"Kami benar-benar yakin bahwa Ukraina harus terus bergerak menuju keanggotaan di UE dan NATO. Pada 12 Juni 2020, NATO mengakui Ukraina sebagai NATO Enhanced Opportunities Program," kata Pakhil, dalam pernyataan yang diterima Sindonews pada Minggu (28/6/2020).

Dia menuturkan, status ini sangat penting bagi Ukraina, karena Ukraina saat ini sedang menjalani tantangan tersulit demi persatuan dan integritas teritorial sejak kemerdekaannya.

( )

"Tindakan Ukraina dan rekan-rekan internasional merupakan alat penting yang tidak hanya menentang kebijakan agresif Kremlin, namun dalam jangka panjang, akan memaksa Rusia untuk mengakhiri okupasinya dan membantu memulihkan integritas teritorial Ukraina yang diakui secara internasional," tukasnya.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1661 seconds (0.1#10.140)