Gempar, Rusia Tawarkan Kerja Sama dengan Produsen Drone Turki Bayraktar

Rabu, 27 Juli 2022 - 09:28 WIB
loading...
Gempar, Rusia Tawarkan Kerja Sama dengan Produsen Drone Turki Bayraktar
Drone Bayraktar terlihat saat parade militer Hari Kemerdekaan di pusat Kiev, Ukraina, 18 Agustus 2021. Foto/REUTERS/Gleb Garanich
A A A
ANKARA - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengungkapkan Rusia dan Uni Emirat Arab (UEA) tertarik bekerja sama dengan Baykar.

Baykar merupakan perusahaan yang membuat drone serang Bayraktar dan Akinci yang terkenal handal di medan perang.

Beberapa media di Turki melaporkan hal ini pada Selasa (26/7/2022), mengutip pernyataan Erdogan pada pertemuan pejabat tinggi partai AK malam sebelumnya.

Pengungkapan tersebut menimbulkan kegemparan, karena Baykar telah mengekspor sekitar 50 drone ke Ukraina tahun ini. Saat ini Rusia dan Kiev sedang berperang.



Jika kerja sama Rusia dan Turki terwujud di Baykar, maka peta konflik Ukraina bisa berubah.

“UEA menawarkan membangun pabrik Baykar, sementara Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan ‘mari bekerja sama’,” ungkap Erdogan kepada pejabat partai pada Senin, menurut CNN Turk.

Kabar itu digaungkan oleh outlet lain, seperti TGRT dan Haber 7.



Tidak ada rincian lebih lanjut yang diungkap, kecuali bahwa dugaan proposal Putin datang selama pertemuan pekan lalu di Teheran, di mana dia dan Erdogan bertemu dengan Presiden Iran Ebrahim Raisi untuk membahas proses perdamaian di Suriah dan hal-hal lain.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1719 seconds (0.1#10.140)