Sebelum di Wuhan, Virus Corona Ditemukan di Barcelona Maret 2019

Sabtu, 27 Juni 2020 - 16:35 WIB
loading...
Sebelum di Wuhan, Virus Corona Ditemukan di Barcelona Maret 2019
Petugas kesehatan mendorong pasien dengan tandu di unit gawat darurat di 12 de Octubre Hospital di tengah pandemi Covid-19 di Madrid, Spanyol, 30 Maret 2020. Foto/REUTERS/Juan Medina
A A A
BARCELONA - Ahli virologi Spanyol telah menemukan jejak virus corona dalam sampel air selokan di Barcelona yang dikumpulkan pada Maret 2019. Waktu temuan itu berarti jauh sembilan bulan sebelum penyakit yang disebabkan virus itu muncul di Wuhan, China.

University of Barcelona mengatakan penemuan genom virus sangat awal di Spanyol, jika dikonfirmasi, akan menyiratkan bahwa Covid-19 kemungkinan muncul jauh lebih awal dari yang diperkirakan. Covid-19 , penyakit yang jadi pandemi global saat ini disebabkan oleh virus corona SARS-CoV-2.

Para peneliti telah menguji air selokan sejak pertengahan April tahun ini untuk mengidentifikasi potensi wabah baru, ketika mereka memutuskan untuk juga melakukan tes pada sampel yang lebih tua.

Mereka pertama kali menemukan virus itu ada di Barcelona pada 15 Januari 2020, 41 hari sebelum kasus pertama dilaporkan secara resmi di sana. (Baca: Media Australia Sebut Indonesia Akan Jadi Hotspot Covid-19 Dunia )

Kemudian mereka menjalankan tes pada sampel yang diambil antara Januari 2018 dan Desember 2019 dan menemukan keberadaan genom virus di salah satu dari mereka, yang dikumpulkan pada 12 Maret 2019.

"Tingkat SARS-CoV-2 rendah tetapi positif," kata pemimpin penelitian Albert Bosch seperti diumumkan University of Barcelona. Penelitian telah diajukan untuk peer review.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan wabah Covid-19 sebagai pandemi pada 11 Maret 2020.

Dr Joan Ramon Villalbi dari Spanish Society for Public Health and Sanitary Administration mengatakan kepada Reuters, Sabtu (27/6/2020), bahwa masih terlalu dini untuk menarik kesimpulan yang pasti.

"Ketika itu hanya satu hasil, Anda selalu ingin lebih banyak data, lebih banyak penelitian, lebih banyak sampel untuk mengonfirmasi dan mengesampingkan kesalahan laboratorium atau masalah metodologis," katanya.

Ada potensi positif palsu karena kesamaan virus dengan infeksi pernapasan lainnya. "Tapi itu pasti menarik, itu sugestif," kata Villalbi.

Bosch, yang adalah presiden Spanish Society of Virologists, mengatakan bahwa deteksi dini bahkan pada bulan Januari dapat meningkatkan respons terhadap pandemi.

Sebaliknya, pasien mungkin salah didiagnosis dengan flu biasa, berkontribusi pada penularan komunitas sebelum tindakan diambil.

Profesor Gertjan Medema dari KWR Water Research Institute di Belanda, yang timnya mulai menggunakan uji virus corona pada air limbah pada Februari, menyarankan kelompok peneliti Barcelona perlu mengulangi tes untuk memastikan itu benar-benar virus SARS-CoV-2. (Baca juga: Bertambah 1.385 Orang, Total Kasus Positif Corona di Indonesia Menjadi 52.812 )

Sejauh ini Spanyol telah mencatat lebih dari 28.000 kematian dan hampir 250.000 kasus Covid-19.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1406 seconds (0.1#10.140)